pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

PKS klaim parpol yang penuhi kuota perempuan calon anggota DPR RI

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Tangkapan layar - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati saat menjadi pembicara dalam Forum Legislasi diikuti dalam jaringan di Jakarta, Selasa (4/7/2023). ANTARA/Andi Firdaus.
Sebagai partai politik, PKS serius dalam menyiapkan kepemimpinan, termasuk dalam hal ini kepemimpinan perempuan sebagai caleg.
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kurniasih Mufidayati mengklaim partainya menjadi satu-satunya partai yang memenuhi kuota minimal 30 persen keterwakilan calon anggota legislatif (caleg) perempuan pada Pemilu Anggota DPR RI 2024 di semua daerah pemilihan.

"Sebagai partai politik, PKS serius dalam menyiapkan kepemimpinan, termasuk dalam hal ini kepemimpinan perempuan sebagai caleg," kata Kurniasih Mufidayati dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Keterwakilan perempuan dalam pemilu, kata dia, benar-benar dipersiapkan dengan matang oleh PKS.

Kurniasih mengatakan bahwa dukungan dari pimpinan partai yang sangat besar. Selain itu, besarnya jumlah anggota perempuan PKS menjadi modal dalam memenuhi kuota 30 persen keterwakilan caleg perempuan.

"Terima kasih kepada pimpinan partai dan perempuan PKS yang terus memberikan inspirasi dan dukungan agar PKS bisa memenuhi keterwakilan perempuan sebagaimana amanat undang-undang," katanya.

Menurut dia, sebagai partai berbasis kader serta mengusung nilai-nilai Islam rahmatan lilaalamin, caleg perempuan PKS bisa dipenuhi dari kaderisasi. Selain itu, keterbukaan PKS menerima bergabungnya para tokoh perempuan dan masyarakat perempuan Indonesia.

Ia pun berterima kasih kepada perempuan Indonesia, tokoh-tokoh, ormas, dan berbagai aktivis perempuan Indonesia yang memberikan kepercayaan kepada PKS.

"Kaderisasi kepemimpinan bagi perempuan PKS yang terus berjalan bisa menghadirkan anggota yang siap berjuang. Di sisi lain, kami juga bersyukur banyak tokoh perempuan dan masyarakat perempuan bergabung bersama PKS," ungkapnya.

Kurniasih memastikan caleg-caleg perempuan PKS siap berjuang maksimal. Pasalnya, pemenuhan kuota 30 persen ini bukan sekadar pelengkap adminitratif atau memenuhi undang-undang, melainkan perempuan PKS memiliki kapasitas dan kompetensi untuk menjadi wakil rakyat.

Baca juga: Komisi IX dorong pemerintah perbanyak psikolog di Puskesmas
Baca juga: Kongres Keluarga Indonesia Ke-3 PKS lahirkan 3 rekomendasi


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan 9.917 orang masuk ke daftar calon tetap (DCT) anggota DPR RI. Sebanyak 11 partai politik memenuhi kuota 580 caleg di 84 daerah pemilihan (dapil).

"Kami tetapkan DCT pada hari ini jumlahnya 9.917 orang meliputi 18 parpol peserta pemilu dan tersebar di 84 dapil," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam konferensi pers di Kantor KPU Pusat, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (3/11).

Dari data KPU, tercatat 11 partai yang memenuhi kuota 580 kursi di 84 dapil, di antaranya PKB, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, PKS, PAN, Partai Demokrat, PSI, dan PPP.
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023
Indo Barometer: Pemilih AMIN orang yang tak puas dengan kinerja Jokowi Sebelumnya

Indo Barometer: Pemilih AMIN orang yang tak puas dengan kinerja Jokowi

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran