pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Persatuan Purnawirawan Polri dukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Mantan Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal (Purn) Gatot Eddy Pramono usai Rapat Kerja Pusat (Rakerpus) PP Polri 2023 di Gedung Tri Brata, Jakarta, Selasa (31/10/2023). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela
Jakarta (ANTARA) - Persatuan Purnawirawan (PP) Polri mendukung pasangan bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud Md di Pilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal ini disampaikan Mantan Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal (Purn) Gatot Eddy Pramono usai Rapat Kerja Pusat (Rakerpus) PP Polri 2023 di Gedung Tri Brata, Jakarta, Selasa.

"Yang intinya tentunya rapat tadi menghasilkan suatu keputusan, salah satunya adalah dukungan daripada PP Polri sampai dengan tiga ranting kepada Pak Ganjar dan Pak Mahfud Md," kata Gatot kepada awak media.

Ia menjelaskan bahwa dukungan PP Polri kepada Ganjar-Mahfud sampai dengan tiga ranting yang tersebar di seluruh Indonesia. Adapun jumlahnya juga mencapai 251 cabang.

Menurutnya, para purnawirawan itu sudah tak lagi menjadi anggota Polri. Untuk itu, sambung Gatot, mereka memiliki hak untuk memilih dan dipilih pada pesta demokrasi setiap lima tahunan itu.

Baca juga: Bambang Hendarso jelaskan alasan undang Ganjar di HUT ke-24 PP Polri

Baca juga: Bambang Danuri tegaskan netralitas PP Polri


Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud itu mengungkapkan Ganjar sudah pernah berbicara di depan relawan Garuda Nusantara yang juga merupakan purnawirawan Polri. Selain itu, relawan tersebut juga gabungan dari TNI-Polri.

"Beberapa kali beliau pernah menyampaikan juga pertemuan dengan PP Polri dan berbicara di situ," ujarnya.

Oleh karena itu, pendekatan antara Ganjar dan PP Polri sudah terjalin sejak lama. Saat disinggung terkait pelaksanaan deklarasi PP Polri ke Ganjar-Mahfud, dia menuturkan akan ada tindak lanjut terkait itu.

Gatot juga tak memaksa apabila ada purnawirawan yang memilih pasangan bakal capres-cawapres lain.

Baca juga: Ganjar terkait HUT PP Polri: Semua punya komitmen menjaga negara

"Ya, kami tahu ada beberapa juga yang memilih calon lain itu kan hak daripada masing-masing ya, tidak boleh dipaksakan juga seperti itu," ujarnya.

Ia pun fokus memenangkan Ganjar-Mahfud dengan turun ke daerah hingga menjangkau akar rumput.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023
Budi Arie optimistis Prabowo-Gibran menang satu putaran Sebelumnya

Budi Arie optimistis Prabowo-Gibran menang satu putaran

KPU dukung revisi UU Pemilu Selanjutnya

KPU dukung revisi UU Pemilu