counter

NasDem maksimalkan fungsi pengawasan anggaran DPRD Gorontalo Utara

Perludem usulkan Pilkada DKI Jakarta tahun 2022
Roni Imran, calon anggota terpilih DPRD Gorontalo Utara dari Partai NasDem, hasil Pemilihan Umum 2019. (Antara/Susanti Sako)
Gorontalo (ANTARA) - Berhasil meraih lima kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Partai NasDem memastikan akan memaksimalkan fungsi pengawasan anggaran untuk kepentingan rakyat di daerah itu.

"Kita akan bekerja sesuai tupoksi yang diamanahkan dalam Undang-undang, khususnya dalam fungsi pengawasan, penganggaran dan legislasi yang dipastikan akan dimaksimalkan di lembaga DPRD," ujar Ketua DPD NasDem Gorontalo Utara, Roni Imran, juga sebagai calon anggota terpilih DPRD Kabupaten, yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gorontalo Utara, pada Kamis (8/8), melalui rapat pleno terbuka penetapan suara partai politik dan calon anggota terpilih DPRD Kabupaten hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, digelar di Rumah Pintar Pemilu KPU.

Baca juga: Pencantuman angka tak sesuai, gugatan caleg Gerindra Magelang ditolak
Baca juga: Tanpa persetujuan DPP, permohonan caleg PPP di Sultra tak diterima
Baca juga: Sidang Pileg, permohonan caleg Gerindra Kalbar dikabulkan sebagian


Roni, di Gorontalo, Jumat, mengatakan, NasDem wajib melaksanakan fungsi-fungsi tersebut di DPRD, mengingat lima kursi yang diamanahkan rakyat bukanlah sesuatu yang mudah didapatkan dari yang sebelumnya tidak memiliki kursi di lembaga tersebut.

"Kita akan memaksimalkan kinerja sebagai bentuk tanggungjawab atas amanah rakyat," ujarnya.

NasDem kata Roni, akan memaksimalkan pengawasan penggunaan anggaran daerah.

"Setelah dibahas dan diketuk oleh DPRD melalui Badan Anggaran, NasDem akan mengawal dan mengawasi penggunaannya oleh pemerintah daerah, sejauh mana penggunaan anggaran yang telah disepakati, apakah sesuai dengan penggunaannya, apakah sampai ke masyarakat dan jika sampai, berapa yang dinikmati masyarakat, pengawasan tersebut akan dilakukan secara detail oleh NasDem dan berharap dilakukan sama oleh partai lainnya," ujar Roni.

Fungsi pengawasan tersebut merupakan salah satu kerja prioritas terhadap kinerja NasDem dalam mengemban amanah rakyat, termasuk mendorong pemerintah daerah untuk memaksimalkan anggaran dalam mengentaskan kemiskinan.

Mengingat angka kemiskinan di daerah itu kata Roni, belum bergerak turun signifikan maka fungsi pengawasan anggaran menjadi target prioritas yang akan dilakukan NasDem di DPRD.

NasDem pun tambahnya, akan menjalin sinergitas yang baik dengan partai lainnya di DPRD untuk mendukung pembangunan yang dijalankan pemerintah daerah.
"Pembangunan yang wajib menyejahterakan rakyat," pungkasnya.

Baca juga: Caleg Golkar di Maybrat tak dapat buktikan pengurangan suara
Baca juga: Golkar mengajukan nama pengganti caleg terpilih DPRD Kabupaten

Nasdem menaruh harapan besar kepada pemerintah

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Enam partai tidak dapat kursi legislatif Tanjungpinang Sebelumnya

Enam partai tidak dapat kursi legislatif Tanjungpinang

Pilkades serentak Kabupaten Tegal Selanjutnya

Pilkades serentak Kabupaten Tegal