counter

JK akan undang Ma'ruf Amin ke kantor wapres, Kamis

KPU Gorontalo Utara mengevaluasi fasilitasi kampanye Pemilu 2019
Arsip Wakil Presiden Jusuf Kalla saat jumpa pers di Kantor Wapres, Jakarta pada Selasa (25/6/2019). (Bayu Prasetyo)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengundang wapres terpilih Ma'ruf Amin ke Kantor Wapres di Jalan Veteran III Gambir, Jakarta Pusat, pada Kamis (4/4), untuk melihat-lihat situasi serta berdiskusi tentang tugas-tugas wakil presiden yang akan diemban Ma'ruf mulai Oktober mendatang.

"Saya undang di Hari Kamis, Pak Ma'ruf datang ke sini. Pertama untuk memberikan informasi, tugas-tugas wapres apa, fasilitasnya apa, masalah yang harus diselesaikan apa," kata Wapres JK di Kantor Wapres Jakarta, Selasa.

Baca juga: Menanti peran wapres bukan hanya pembantu di Kabinet Kerja II

Baca juga: Wapres: Dalam politik tidak ada kawan dan lawan abadi

Dalam pertemuan tersebut, JK akan berbagi pengalamannya sebagai wapres selama dua periode serta memberikan saran kepada Ma'ruf terkait tugasnya sebagai pendamping Jokowi.

Ma'ruf Amin terpilih sebagai Wapres RI periode 2019-2024, mendampingi Presiden Joko Widodo. Keduanya meraup suara terbanyak pada Pilpres 2019 dengan perolehan suara 85.607.362. Data ini berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara oleh KPU RI.

Sesuai Undang-undang Dasar (UUD) Tahun 1945, wapres bertugas sebagai pembantu presiden dalam menjalankan tugas-tugas kenegaraan. Wapres juga dapat menggantikan jabatan presiden sampai habis masa jabatannya apabila presiden mangkat, berhenti, diberhentikan, atau tidak dapat melakukan kewajibannya.

Wapres juga berwenang menyelesaikan persoalan yang menyangkut kesejahteraan rakyat, serta melakukan pengawasan operasional pembangunan dengan bantuan kementerian dan lembaga pemerintah nonkementerian.

Wakil Presiden Tiongkok akan hadiri pelantikan Jokowi

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019
Sapma Pemuda Pancasila siap kawal pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Sebelumnya

Sapma Pemuda Pancasila siap kawal pemerintahan Jokowi-Ma'ruf

Kajati Sulut pantau kondisi Kejari Kepulauaan Sangihe Selanjutnya

Kajati Sulut pantau kondisi Kejari Kepulauaan Sangihe