pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Akademisi: Rajut persatuan pasca-Pemilu 2019

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Dosen PPKn UMP Elly Hasan Sadeli (kiri) saat menyampaikan materi kuliah di depan mahasiswa. ANTARA/Dok. Elly/am.
Bahkan perdebatan terjadi tidak hanya di darat, juga dengan kemajuan teknologi dan informasi, perdebatan panas banyak terjadi di udara atau media sosial,
Purwokerto (ANTARA) - Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Elly Hasan Sadeli mengajak semua pihak untuk merajut persatuan pasca-Pemilihan Umum Serentak 2019.

"Pemilihan umum atau pemilu merupakan salah satu bagian prosedural dari praktik demokrasi. Para elite politik sering mengistilahkan pemilu dengan sebutan pesta demokrasi. Setidaknya, begitu label yang sering dinarasikan pada saat kampanye," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu.

Ia mengatakan momentum pemilu pada tahun 2019 sangat bersejarah, karena dilaksanakan secara serentak sebagaimana hasil dari keputusan Mahkamah Konstitusi pada Januari 2014 atas permohonan dari Koalisi Masyarakat Sipil tentang pelaksanaan pemilu anggota legislatif (pileg) maupun pemilu presiden dan wakil presiden (pilpres) digelar secara serentak mulai tahun 2019.

Menurut dia, kontestasi pemilu pada tahun 2019 melahirkan animo masyrakat yang cukup tinggi, di mana Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai institusi legal yang menyelenggarakan pemilu melaporkan bahwa partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 81persen.

Hal itu melampaui target awal KPU yang sebesar 77,5 persen. Kondisi ini memang sudah dapat diprediksi secara umum, karena sebelum kegiatan pemilu atau pencoblosan dimulai, masyarakat sudah mulai menunjukkan antusiasmenya melalui perdebatan-perdebatan yang sangat sengit mengenai calon yang menjadi pilihannya masing-masing, perbedaan pandangan tentang calon yang diunggulkan sudah menggema di seluruh kalangan lapisan masyarakat.

"Bahkan perdebatan terjadi tidak hanya di darat, juga dengan kemajuan teknologi dan informasi, perdebatan panas banyak terjadi di udara atau media sosial," ujarnya.

Lebih lanjut, Hasan mengatakan pemilu serentak yang diselenggarakan pada tanggal 17 April 2019 telah diketahui hasil penghitungan suaranya, namun salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden menyatakan keberatannya terkait dengan hasil perolehan suaranya.

"Tentu keberatan tersebut secara konstitusional dapat diajukan pada institusi yang berwenang yaitu Mahkamah Konstitusi (MK). Akhirnya pada tanggal 27 Juni, MK memberikan putusan terhadap sengketa pemilihan presiden dengan hasil menolak seluruh gugatan kuasa hukum dari pasangan calon nomor urut 02," tutur mahasiswa program doktoral Universitas Negeri Yogyakarta itu.

Ia mengatakan pascaputusan MK, tentu saja melahirkan ketidakpuasan dari beberapa kelompok masyarakat dan kekhawatiran dinamika politik yang terjadi serta merta melahirkan polusi perpecahan yang parah dalam tubuh masyarakat.

Akan tetapi, kata dia, letupan nada perpecahan akhirnya dapat diselesaikan dengan cara yang konstitusional meskipun serpihan-serpihan kekecewaan tentu tidak dapat terelakan dari salah satu kelompok pendukung.

"Oleh karena itu, penting kiranya kita kembali pada semangat ideologi Pancasila sebagaimana yang dicontohkan secara nyata oleh para pendiri bangsa, khususnya bagaimana jalan merawat persatuan dan kesatuan dengan mengesampingkan egoisme golongan atau kelompok," tambahnya, menjelaskan.

Menurut dia, semangat persatuan bangsa Indonesia sejatinya telah lahir jauh sebelum kemerdekaan diproklamasikan.

Ia mengatakan semangat itu menjelma melalui organisasi-organisasi berbasis nasionalis maupun keagamaan.

"Sejarah mencatat pergerakan organisasi besar dimulai dari Boedi Oetomo 1908, Muhammadiyah 1912, Nahdlatul Ulama 1926, kemudian muncullah momentum Sumpah Pemuda 1928. Meskipun bentuk perjuangan yang beragam, muaranya adalah semangat membangun persatuan," katanya.

Selain diwarnai heroisme pergerakan pemuda dari beragam latar etnis dan agama yang mendorong percepatan kemerdekaan Indonesia, kata dia, detik-detik menjelang proklamasi juga menunjukkan keluhuran budi para pendiri bangsa dalam mengembangkan kepekaan rasa untuk menghormati keragaman Indonesia.

"Jadi, sejarah persatuan bangsa Indonesia sebenarnya sudah berurat akar, meskipun dalam kehidupan politik kadang dipenuhi perselisihan dalam memperebutkan kursi kekuasaan. Namun, modal kekuatan persatuan didalam pergaulan hidup masyarakat sehari-hari telah menjadi pilar kekuatan, hidup berdampingan secara damai dengan kerelaan menerima keragaman telah lama diterima sebagai kewajaran oleh penduduk nusantara," imbuhnya.

Kendati demikian, dia mengatakan Mohammad Hatta (Bung Hatta) pernah mengingatkan jauh-jauh hari bahwa sejarah Indonesia juga banyak yang memperlihatkan pertentangan antara idealisme dan realita.

"Idealisme, yang menciptakan suatu pemerintahan yang adil yang akan melaksanakan demokrasi yang sebaik-baiknya dan kemakmuran rakyat yang sebesar-besarnya. Realita daripada pemerintahan, yang dalam perkembangannya kelihatan makin jauh dari demokrasi yang sebenarnya," jelasnya.

Oleh karena itu, kata dia, tanggung jawab yang besar dalam menjaga stabilitas persatuan ada di pundak pemimpin yang baru terpilih.

Ia mengatakan cita-cita negara merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur harus senantiasa menjadi gaung prioritas utama dari setiap kebijakan pemerintah dengan mengedepankan semangat kekeluargaan serta gotong royong.

"Mungkin banyak yang menyangka bahwa pascapemilu akan sulit menyatukan puing-puing kebencian yang berserakan. Tetapi pendapat itu tidak benar, itu suatu pendapat yang diperoleh dari penglihatan yang sepintas atas kegaduhan politik yang terjadi beberapa waktu terakhir ini," katanya.

Ia mengakui kontestasi pemilu tahun 2019 berdampak cukup pahit terhadap keseimbangan persatuan.

Akan tetapi perbedaan pilihan, baik yang menang ataupun yang kalah, tidak lantas makin memperuncing permusuhan.

"Maka penting kiranya ungkapan pepatah Jawa yang menyatakan semangat 'menang tanpo ngasorake' (menang tanpa mengalahkan, red.) menjelma dalam setiap pribadi masyarakat dan dengan dikuatkan oleh ungkapan bersatu kita teguh bercerai kita runtuh. Kini, pemilu telah usai, sebagai masyarakat bangsa mari bersama-sama merajut benang kusut perpecahan dengan merawat persatuan dalam keberagaman, sehingga bangsa Indonesia terhindar dari keadaan yang muram dan suram," demikian Elly Hasan Sadeli.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019
Jokowi-Ma'ruf akan berangkat ke KPU dari Istana Merdeka Sebelumnya

Jokowi-Ma'ruf akan berangkat ke KPU dari Istana Merdeka

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Selanjutnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten