counter

KPU Makassar targetkan rekapitulasi rampung hari ini

Calon independen minimal didukung 24 ribu calon pemilih
Komisioner KPU Makassar menggelar rapat pleno rekapitulasi tingkat Kota Makassar yang dilaksanakan di hotel Asia, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (12/5/2019). ANTARA FOTO/Darwin Fatir.
Makassar (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar menargetkan rekapitulasi penghitungan suara di tingkatan PPK pada dua kecamatan yang masih tersisa dapat diselesaikan hari ini, Minggu (12/5).

"Mudah-mudahan salinan penghitungan hasil rekapitulasi dari dokumen DA1 tingkat kelurahan ke D1 tingkat kecamatan bisa rampung di dua kecamatan tersisa yakni Kecamatan Panakukang dan Tamalate," ujar Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar di Hotel Asia Makassar, Minggu.

Menurut dia, keterlambatan dua kecamatan tersebut disebabkan belum dipindahkan data DA1 ke D1 termasuk petugas PPS, PPK, dan saksi-saksi belum sempat menandatangani sebagian dokumen itu mengingat lembarannya cukup banyak.

Kendati demikian, untuk Kecamatan Panakukang diperkirakan siang ini dirampungkan. Sedangkan Tamalate bila belum merampungkan maka akan ditarik atau diambil alih KPU Makassar guna mempercepat proses rekapitulasi penghitungan suara di kecamatan itu.

Selain itu, ada kemungkinan pihaknya akan meminta waktu tambahan ke KPU Sulsel untuk menyerahkan seluruh hasil rekapitulasi 15 kecamatan setelah dilakukan rapat pleno akhir perolehan suara calon presiden, DPD, dan kursi DPRD provinsi serta kabupaten kota pada Senin (13/5).

"Dalam aturan ada seperti itu (ambil alih) apabila Kecamatan Tamalate belum menyelesaikan penghitungannya. Kita akan hitung di hotel ini dan disiapkan ruangan khusus, selanjutnya menetapkan perolehan suara peserta pemilu tiap kecamatan sembari menunggu hasil dari Kecamatan Tamalate," ungkap dia.

Dari 15 kecamatan masih tersisa dua kecamatan itu belum menyerahkan hasil penghitungan suara. Padahal, KPU Makassar telah menjadwalkan rapat pleno terbuka rekapitulasi dan penghitungan untuk Kecamatan Panakkukang, Sabtu (11/5) malam, hingga akhirnya diskors dan kembali dimulai Minggu pukul 09.00 WITA di Hotel Asia.

Sebelumnya, Komisioner KPU Makassar Endang Sari saat membuka skors sidang rapat pleno Sabtu (11/5) malam mengatakan, di Kecamatan Panakkukang masih ada dua kelurahan sedang menyelesaikan tahap plenonya. Sedangkan di Kecamatan Tamalate tersisa empat TPS di satu kelurahan juga menyelesaikan tahap pleno penghitungan suaranya.

"Untuk Kecamatan Tamalate, di Kelurahan Ballang Baru masih berproses, mudah-mudahan semuanya bisa rampung sesuai waktu yang ditetapkan," katanya.

Sementara untuk rekapitulasi penghitungan suara tingkat KPU Provinsi Sulawesi Selatan juga sedang berlangsung rapat pleno terbuka di Hotel Harper Jalan Perintis Makassar, yang dimulai 8 Mei 2019.

Hingga saat ini sebanyak 22 kabupaten/kota dari 24 kabupaten/kota yang ada di Sulsel telah menyerahkan hasil rekapitulasinya. Tinggal tersisa dua kabupaten/kota, yakni Kabupaten Gowa dan Kota Makassar.
 

Aksi dukung dan tolak rekapitulasi suara KPU di kota Medan

Pewarta:
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019
Prabowo-Sandiaga unggul di 11 daerah di Riau Sebelumnya

Prabowo-Sandiaga unggul di 11 daerah di Riau

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai Selanjutnya

Deklarasi Santri Dukung Pemilukada Damai