pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ma'ruf Amin: Ulama siap ditempatkan di mana saja bangun bangsa-negara

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin, menyampaikan sambutan pada acara buka puasa bersama Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU), di Condet, Jakarta, Sabtu (11/5/2019). (Antaranews/Riza Harahap)
Bagi NU tidak menolak jika diajak berada di pemerintahan, tapi juga tidak memaksa jika tidak ikut serta, katanya
Jakarta (ANTARA) - Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin menegaskan bahwa ulama siap ditempatkan di mana saja dalam membangun bangsa dan negara, baik di hilir maupun di hulu, serta di kultural maupun struktural.

"Ini bagian dari komitmen kebangsaan ulama di NU (Nahdlatul Ulama). Kalau masyarakat memberikan kepercayaan kepada ulama untuk memimpin negeri ini, adalah suatu keniscayaan," kata KH Ma'ruf Amin dalam sambutannya menjelang buka puasa bersama Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) di Condet, Jakarta, Sabtu.

Menurut Ma'ruf Amin, bagi NU kadernya berada dalam pemerintahan atau tidak, berada di struktural atau kultural, sama saja tanggung jawabnya. "Bagi NU tidak menolak jika diajak berada di pemerintahan, tapi juga tidak memaksa jika tidak ikut serta," katanya.

Mantan Rais Am PBNU ini kemudian menceritakan, beberapa tokoh NU seperti, pendiri NU KH Hasyim Asy'ari yang berkontribusi pada perjuangan mempertahankan NKRI, serta KH Abdurrahman Wahid yang menjadi presiden RI keempat.

"Insya Allah, saya juga akan dilantik menjadi wapres, kalau tidak ada perubahan," katanya.

Kiai Ma'ruf juga mengingatkan, ulama saat ini siap ditempatkan dihilir maupun di hulu dalam membangun bangsa. "Ulama yang terjun ke dunia politik, memiliki komitmen untuk membangun bangsa dan negara. Ulama memiliki peran dan tanggung jawab besar terhadap bangsa dan negara," katanya.

Kiai Ma'ruf juga menyayangkan jika ada yang ingin mencapai pemerintahan dengan cara memaksa. "Kalau NU siap berada di pemerinatahan jika mendapat amanah dari rakyat dan tidak menimbulkan kegaduhan," katanya.

Menurut dia, NU khittohnya adalah membangun umat dengan kemaslahatan, karena itu tidak akan berupaya merebut kekuasaan.
Pewarta:
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019
FMKI Jateng apresiasi kesuksesan penyelenggaraan pemilu Sebelumnya

FMKI Jateng apresiasi kesuksesan penyelenggaraan pemilu

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten Selanjutnya

Bawaslu jelaskan Jokowi tak langgar netralitas soal bansos di Banten