counter

Caleg DPR RI Lucy Kurniasari pertanyakan hasil survei SCG

Perludem usulkan Pilkada DKI Jakarta tahun 2022
Caleg DPR RI petahana dari Partai Demorkat, Lucy Kurniasari (istimewa)
Memperanyakan lembaga survei ini mengambil data dari mana
Surabaya (ANTARA) - Caleg DPR RI petahana dari Partai Demorkat, Lucy Kurniasari mempertanyakan hasil survei Surabaya Consulting Group (SCG) yang dirilis di sejumlah media massa yang telah memposisikan dirinya berebut kursi ke-10 dengan Caleg DPR RI dari Partai NasDem, Vinsensius Awey di Dapil Jatim 1 meliputi Surabaya dan Sidaorjo.

"Lembaga survei ini datanya dari mana, kok tidak mengakui saya lebih unggul dari caleg NasDem," kata Lucy Kurniasari yang kerap dipanggil Ning Lucy kepada ANTARA di Surabaya, Senin.

Padahal, kata Lucy, berdasarkan data yang dihimpun timnya baik berupa C1 maupun DA1 baik di Surabaya maupun Sidoarjo, suara Lucy lebih unggul dari pada Vinsensius Awey atau selisih sekitar 7.000 suara.

Menurut dia, rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Kabupaten Sidoarjo sudah selesai dilakukan dengan hasil, Demokrat memperoleh 34.656 suara atau lebih unggul dari suara NasDem yang hanya 31.406 suara.

Sedangkan untuk rekapitulasi suara di Kota Surabaya hingga saat ini baru menyelesaikan 24 kecamatan dari total 31 kecamatan yang ada. Meski demikian, lanjut dia, timnya sudah merakap hasil pemungutan suara di tiap-tiap kelurahan di Surabaya.

"Saat ini data yang masuk sudah 96 persen. Kemarin (5/5) cuma kurang lima kelurahan di Kecamatan Mulyorejo dan empat kelurahan di Kecamatan Wonokromo. Total ada sembilan Kelurahan yang belum dan saat ini sedang finalisasi," katanya.

Berdasarkan penghitungan yang dilakukan timnya, urutan posisi kursi pertama DPR RI Dapil Jatim 1 yakni Puti Guntur Soekarno (PDIP) memperoleh 568.974 suara, disusul Syaikul Islam (PKB) 412.629 suara, Rahmat Muhajirin (Gerindra) 301.929 suara, Adies Kadir (Golkar) 243.954 suara, Bambang DH (PDIP) 189.658 suara, Sungkono (PAN) 157.183 suara, Arzeti Bilbina (PKB) 137.543 suara, Sigit Sosiantomo (PKS) 145.541 suara, Indah Kurnia (PDIP) 113.795 suara dan Lucy Kurniasari (Demokrat) 107.217 suara.

Direktur Lembaga Riset Politik SCG, Didik Prasetiyono sebelumnya mengatakan berdasarkan konversi kursi dengan metode Sainte Lague, tiga kursi DPR RI diperkirakan menjadi milik PDI Perjuangan, dua kursi untuk PKB dan masing-masing satu kursi untuk Gerindra, Golkar, PAN, PKS, serta satu lagi masih terbuka diperebutkan Demokrat dan NasDem.

Mantan komisioner KPU Jatim itu merilis nama-nama yang diperkirakan menduduki kursi parlemen di "Senayan" dari dapil Jatim I, yakni kursi pertama diraih Puti Guntur Soekarno (PDIP), kursi kedua Syaikhul Islam (PKB), kursi ketiga diperebutkan Rahmat Muhajirin atau Bambang Haryo (Gerindra) dan kursi keempat diraih Adies Kadir (Golkar).

Kemudian, kursi kelima milik Bambang Dwi Hartono (PDIP), kursi keenam antara Sungkono dan Sunartoyo (PAN), kursi ketujuh Sigit Sosiantomo (PKS), kursi kedelapan terjadi persaingan antara Arzeti Bilbina dan Fandi Utomo (PKB), kursi kesembilan diraih Indah Kurnia (PDIP).

"Kursi kesepuluh akan diperebutkan antara Partai Demokrat dan Partai Nasdem menunggu rekapitulasi 100 persen KPU," katanya.

KPK cecar 24 pertanyaan ke Sekjen PDIP

Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019
Prabowo-Sandiaga unggul 170.961 suara di Kota Bogor Sebelumnya

Prabowo-Sandiaga unggul 170.961 suara di Kota Bogor

Pilkades serentak Kabupaten Tegal Selanjutnya

Pilkades serentak Kabupaten Tegal