Capres-Cawapres Jokowi-Amin unggul di PSU Gresik

Gubernur Khofifah imbau masyarakat Jatim tidak ke Jakarta
Suasana PSU di TPS 10 Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu (24/4) (Antara Jatim/ A Malik Ibrahim)
PSU yang dilaksanakan ini bersamaan dengan hari kerja, sehingga kami berkirim surat ke perusahaan-perusahaan agar memperbolehkan pekerjanya yang terdaftar di DPT TPS 10 datang menggunakan hak suaranya, kata Roni
Gresik, Jawa Timur (ANTARA) - Pasangan Nomor Urut 01, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin unggul atas Pasangan Nomor Urut 02, 02 Prabowo-Sandi pada Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang dilakukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 10 Desa Dahanrejo, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Rabu.

Pasangan petahana tersebut, unggul dengan memperoleh sebanyak 125 suara, sedangkan pasangan Prabowo-Sandi mendapatkan 70 suara, dari total 267 pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) wilayah setempat.

Jumlah perolehan suara PSU untuk masing-masing calon berkurang sekitar 20 suara jika dibandingkan dengan pelaksanaan Pemilu 2019 serentak pada 17 April 2019, yakni untuk pasangan 01 sebelumnya sebanyak 145 suara, dan 91 suara untuk pasangan 02.

Meski demikian, Ketua KPU Gresik Ahmad Roni merasa bersyukur pada pelaksanaan satu-satunya PSU di Gresik ini, karena telah berjalan tertib dan damai, serta partisipasi pemilihnya di atas 80 persen.

Roni menyatakan telah melakukan berbagai upaya untuk mendorong partisipasi pada PSU di wilayahnya, sebab kecendrungan masyarakat akan malas datang kembali pada pelaksanaan ulang, sebab bersamaan dengan hari kerja.

"PSU yang dilaksanakan ini bersamaan dengan hari kerja, sehingga kami berkirim surat ke perusahaan-perusahaan agar memperbolehkan pekerjanya yang terdaftar di DPT TPS 10 datang menggunakan hak suaranya," kata Roni.

Selain upaya itu, kata dia, juga dilakukan pemberian sembako serta undian "doorprize" berupa sepeda, setrika dan sejumlah perabot rumah tangga untuk menarik minat.

Sebelumnya, PSU di TPS 10 dilakukan sesuai rekomendasi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) setelah menemukan adanya kecurangan berupa tujuh pemilih ilegal di wilayah itu.
Pewarta:
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019
Wiranto tegaskan tidak ada konspirasi pemerintah-penyelenggara pemilu Sebelumnya

Wiranto tegaskan tidak ada konspirasi pemerintah-penyelenggara pemilu

Polres Kulon Progo pastikan tidak ada perayaan kemenangan Paslon 01 Selanjutnya

Polres Kulon Progo pastikan tidak ada perayaan kemenangan Paslon 01