pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Rapat pleno perhitungan suara tingkat Kota Sukabumi diperkirakan molor

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Suasana rekapitulasi perhitungan suara Pemilu 2019 di tingkat kecamatan di Kota Sukabumi, Jawa Barat. (ANTARA/Aditya AR)
Kami targetkan rapat pleno tersebut bisa terlaksana pada 28 April, tetapi melihat kondisi rekapitulasi di tingkat Panitia PemilIhan Kecamatan (PPK) kemungkinan ada keterlambatan karena dipengaruhi oleh jumlah tempat pemungutan suara (TPS)
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Rapat pleno perhitungan suara tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sukabumi, Jawa Barat diperkirakan "molor" atau diundur karena beberapa kecamatan hingga saat ini masih melakukan rekapitulasi suara.

"Kami targetkan rapat pleno tersebut bisa terlaksana pada 28 April, tetapi melihat kondisi rekapitulasi di tingkat Panitia PemilIhan Kecamatan (PPK) kemungkinan ada keterlambatan karena dipengaruhi oleh jumlah tempat pemungutan suara (TPS)," kata Ketua KPU Kota Sukabumi Sri Utami di Sukabumi, Rabu.

Menurutnya, lama waktu rekapitulasi perhitungan suara untuk kecamatan yang jumlah TPS nya di bawah 200 selama lima hingga enam hari, sementara yang diatas 200 TPS waktu yang dibutuhkan hingga pleno tingkat kecamatan tujuh sampai delapan hari.

Sehingga untuk rapat pleno di tingkat KPU ini harus menunggu dahulu selesai rapat pleno di tingkat kecamatan. Sebenarnya, selama rekapitulasi di PPK ini tidak ada kendala dan hingga kini belum ada sanggahan atau komplen dari saksi baik saksi partai politik maupun calon presiden.

Harus diakui, untuk rekapitulasi perhitungan suara dari satu TPS saja membutuhkan waktu hingga satu jam, belum lagi jika ada sanggahan tentunya waktunya menjadi bertambah lama. Maka dari itu, pihaknya terus melakukan pemantauan di lapangan untuk mengetahui permasalahan saat rapar pleno tingkat kecamatan.

"Tapi kami optimis mundurnya waktu rapat pleno tingkat KPU tidak akan jauh dari jadwal yang direncanakan. Kita lihat saja bagaimana kinerja PPK dalam rekapitulasi ini yang tentunya menguras tenaga dan pikiran," tambahnya.

Di sisi lain, Sri mengatakan bahwa dalam beberapa hari terakhir ini sudah banyak petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang jatuh sakit yang dikarenakan kelelahan. Bahkan, pihaknya menerima laporan untuk ditingkat PPK sudah ada dua yang sakit hingga di opname dan kemungkinan bertambah.

Pekerjaan selama pelaksanaan pemilu ini cukup berat mulai dari kedatangan logistik, penyortiran surat suara, distribusi logistik, perhitungan suara tingkat TPS hingga kecamatan sangat menyedot tenaga dan pikiran. Apalagi mereka bertugas sangat profesional untuk antisipasi terjadinya sengketa akibat kesalahan perhitungan suara. 

Baca juga: Penyelenggara Pemilu yang meninggal di Riau bertambah jadi enam orang
Baca juga: Pengamat : Pemilu serentak rugikan koalisi pendukung Jokowi di Sumbar
Baca juga: Zulkieflimansyah: Perolehan suara PKS di NTB masih sangat dinamis
Baca juga: LIPI usulkan e-voting pemilu
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Penyelenggara Pemilu yang meninggal di Riau bertambah jadi enam orang Sebelumnya

Penyelenggara Pemilu yang meninggal di Riau bertambah jadi enam orang

PDIP buka suara soal Megawati tak tepat sampaikan "amicus curiae" Selanjutnya

PDIP buka suara soal Megawati tak tepat sampaikan "amicus curiae"