Petugas medis siaga saat penghitungan suara di Garut

KPU tunjuk lima firma hukum hadapi gugatan PHPU
Petugas periksa kesehatan penyelenggara pemilu di Kabupaten Garut, Jawa Barat. (Dokumen KPU Garut)
Saya sudah melakukan kerjasama dengan puskesmas setempat untuk pelayanan kesehatan
Garut (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat, telah menjalin kerjasama dengan petugas medis di masing-masing kecamatan untuk siap siaga di tempat penghitungan perolehan suara dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang saat ini tahapannya sudah sampai tingkat kecamatan.

"Saya sudah melakukan kerjasama dengan puskesmas setempat untuk pelayanan kesehatan," kata Ketua KPU Kabupaten Garut Junaidin Basri di Garut, Selasa.

Ia menuturkan, tim medis dengan peralatan lengkapnya itu ikut serta mengawasi dan memeriksa kondisi kesehatan petugas atau orang yang terlibat dalam proses penghitungan suara pemilu.

Ia berharap, keberadaan tim medis itu dapat mengantisipasi segala ancaman gangguan kesehatan yang dapat menewaskan penyelenggara dalam tugasnya mensukseskan pemilu di daerah.

"Kami harap keberadaan petugas puskesmas bisa mengatasi kelelahan, kebugaran dan kesehatan petugas penyelenggara," katanya.

Salah seorang petugas kesehatan Puskesmas Tarogong, Fauzia mengatakan, timnya akan bersiaga untuk memberikan pelayanan kesehatan khusus bagi petugas yang melaksanakan penghitungan suara.

Ia berharap, pelayanan kesehatan lebih dini kepada petugas dapat mengantisipasi adanya gangguan kesehatan atau menyebabkan meninggal dunia seperti di daerah lain akibat faktor kelelahan dan minimnya penanganan awal.

"Penanganan awal lebih penting seperti diberikan oxygen, cairan infus, atau rujukan ke faskes lebih lanjut, sehingga faktor kelelahan tidak berakibat fatal," katanya.

Sementara itu, laporan yang diterima KPU Garut tidak ada petugas penyelenggara pemungutan dan penghitungan suara di daerah meninggal dunia, sedangkan yang sakit dan harus dirawat cukup banyak.

Baca juga: KPU: Pemungutan suara susulan di Nias Selatan berjalan lancar
Baca juga: KPU Gresik lakukan pencoblosan ulang di TPS 10 Kebomas
Baca juga: KPU Jabar tunggu kebijakan pusat berikan santunan KPPS yang gugur

KPU tunjuk lima firma hukum hadapi gugatan PHPU

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Delapan PPK di Sambas tuntaskan pleno Sebelumnya

Delapan PPK di Sambas tuntaskan pleno

Luhut nilai langkah BPN ke MK sudah bagus Selanjutnya

Luhut nilai langkah BPN ke MK sudah bagus