Kapolda Maluku tinjau keamanan kotak suara pemilu di PPK

Kapolda Metro Jaya tinjau keamanan KPU RI
Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa didampingi Wakapolda Brigjen Pol Teguh Sarwono dan sejumlah PJU polda mengecek kotak-kotak suara pada kantor PPK Sirimau dan PPK Teluk Ambon. (19/4/2019) (Daniel Leonard)
Ambon (ANTARA) - Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa melakukan peninjauan serta pengecekan pengamanan logistik Pemilu serentak 2019 dengan mendatangi dua kantor Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kota Ambon.

"Hari ini kami memantau proses pengamanan kotak suara di PPK Sirimau dan Teluk Ambon. Tujuannya untuk memastikan keamanan kotak suara," kata Kapolda di Ambon, Jumat.

Dua kantor PPK yang didatangi Kapolda adalah PPK Sirimau dan kantor PPK Teluk Ambon.

Pemantauan yang dilakukan Kapolda dan didampingi Wakapolda Brigjen Pol Teguh Sarwono ini sekaligus mengontrol personel pengamanan untuk memastikan keamanan kotak suara, hasil pemilu serentak yang berlangsung di dua Kecamatan tersebut pada Rabu, (17/4) kemarin.

Selain didampingi Wakapolda, turut hadir dalam rombongan tersebut sejumlah pejabat utama Polda Maluku diantaranya Karo Ops, Dansat Brimob dan Kabid TI Polda.

Rombongan Kapolda pertama kali PPK Sirimau, selanjutnya bergerak menuju PPK Teluk Ambon. Dalam pengecekannya, tampak kotak suara terbungkus dengan pelastik bening berwarna putih.

Kurang lebih ratusan kotak suara disusun di dalam kantor PPK, yang dikawal ketat aparat keamanan bersenjata lengkap.

Dalam pemantauan logistik Pemilu tersebut, jenderal polisi bintang dua ini mengaku proses pengamanannya berjalan lancar dan sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Pengamannya berjalan baik. Personel bersiaga 24 jam," ujarnya.

Mantan Kakor Lantas Polri ini kembali mengingatkan masyarakat di Provinsi Maluku untuk tetap tenang hingga adanya keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Jangan terpancing dengan isu isu provokatif dari orang tak bertanggungjawab yang ingin mengadu domba kita dan orang Maluku harus tetap tenang. Pela gandong harus dijunjung tinggi, sebagai simbol hidup orang basudara," pintanya.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
MUI: Mari jaga persaudaraan usai Pemilu Sebelumnya

MUI: Mari jaga persaudaraan usai Pemilu

Pidato kemenangan Jokowi-Ma'ruf Selanjutnya

Pidato kemenangan Jokowi-Ma'ruf