pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Banyumas: Logistik Pemilu cukup

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua KPU Kabupaten Banyumas Imam Arif Setiadi. (Foto: Sumarwoto)
Surat suara yang mengalami kerusakan, sekitar 12.000 lembar, sudah ada gantinya. Penggantinya masuk kemarin, langsung dilipat, masuk kotak, dan langsung dikirim ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan)
Purwokerto (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah memastikan logistik Pemilu Serentak 2019 untuk wilayah itu telah mencukupi kebutuhan, kata Ketua KPU Kabupaten Banyumas Imam Arif Setiadi.

"Surat suara yang mengalami kerusakan, sekitar 12.000 lembar, sudah ada gantinya. Penggantinya masuk kemarin, langsung dilipat, masuk kotak, dan langsung dikirim ke PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan)," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin.

Ia mengatakan surat suara model braile yang ditujukan untuk penyandang tunanetra juga telah tercukupi, baik untuk surat suara pemilihan calon anggota DPD RI maupun surat suara pemilihan presiden.

"Surat suara model braile hanya untuk pemilihan DPD dan pemilu presiden," tegasnya.

Dengan tercukupinya logistik Pemilu Serentak 2019, kata dia, pihaknya telah mendistribusikannya ke PPK dan akan segera diteruskan ke panitia pemungutan suara di tingkat desa/kelurahan.

Dalam hal ini, lanjut dia, pendistribusian logistik pemilu dari PPK ke PPS dilaksanakan mulai hari Senin (15/4) dengan pengawalan petugas Kepolisian Resor Banyumas.

"Hari ini mulai pendistribusian dari PPK ke PPS dan diharapkan selesai pada tanggal 16 April atau H-1 Pemilu. Jadi kalau sampainya di PPS pagi, sorenya dikirim ke PPS," jelasnya.

Disinggung mengenai teknis pemungutan suara di rumah sakit, Imam mengatakan pihaknya telah menyerahkan skenarionya kepada PPK setempat karena kebutuhan di setiap rumah sakit berbeda-beda.

Menurut dia, hal itu didasari oleh jumlah pemilih dalam daftar pemilih tambahan (DPTb) di wilayah tersebut.

"Untuk pelaksanaan pemungutan suara di rumah sakit, misalnya RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo nanti sistemnya 'keroyok' dari beberapa TPS yang ada di sekitarnya," katanya.

Terkait dengan DPTb khususnya di RSUD Prof. Dr. Margono Soekarjo, dia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Jawa Tengah itu dan diketahui bahwa jumlah tenaga medis dan pegawai yang dinas pada hari H Pemilu lebih dari 300 orang.

"Skenarionya, nanti para dokter dan perawat akan dikumpulkan di beberapa ruangan untuk melaksanakan pemungutan suara," katanya.

Baca juga: KPU ingatkan pemilih tidak bawa gawai ke bilik suara
Baca juga: Komisioner KPU: Medan cukup kondusif jelang Pemilu
Baca juga: KPU RI ingatkan "influencer" medsos hormati masa tenang
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Wiranto tegaskan tidak ada eksodus masyarakat jelang pencoblosan Sebelumnya

Wiranto tegaskan tidak ada eksodus masyarakat jelang pencoblosan

Rektor UII harap MK berani putuskan sengketa pemilu demi demokrasi Selanjutnya

Rektor UII harap MK berani putuskan sengketa pemilu demi demokrasi