counter

3.410 WNI di Timor Leste memilih langsung di TPSLN KBRI Dili

Pemkab Batang tutup wisata yang tidak terapkan protokol kesehatan
WNI menggunakan hak pilihnya di tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) di KBRI Dili, Timor Leste pada Sabtu (13/4/2019). (KBRI Dili)
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 3.410 warga negara Indonesia (WNI) menggunakan hak pilihnya secara langsung di tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) di KBRI Dili pada Sabtu (13/4), seperti disampaikan dalam keterangan pers dari KBRI Dili yang diterima di Jakarta, Minggu.

PPLN Dili lalu membentuk tujuh TPSLN di KBRI Dili untuk mengakomodir 3.410 orang WNI yang terdiri dari 2.329 pria dan 1.081 wanita dan terdaftar di Ibukota Dili, Timor-Leste, .

Pemungutan suara pemilu luar negeri RI 2019 di Timor-Leste dilaksanakan di tujuh TPSLN di KBRI Dili pada Sabtu, 13 April 2019, pada pukul 08.00-18.00 WIT.

Setiap TPSLN akan mengakomodir sekitar 510 orang pemilih. Petugas TPSLN terdiri dari lima orang anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) ditambah dua orang tenaga perbantuan, yang akan membantu para calon pemilih di setiap TPSLN.

Untuk pemungutan suara bagi para WNI di luar ibukota Dili, PPLN Dili juga telah menyiapkan 10 Kotak Suara Keliling (KSK) yang telah disebar ke 12 distrik di Timor-Leste. Menurut catatan PPLN Dili, terdapat 617 orang WNI yang terdaftar di dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk distrik selain Dili, mereka terdiri dari 338 pria dan 279 wanita.

Pemilu Luar Negeri RI 2019 dengan KSKLN untuk 12 distrik selain Dili telah dilaksanakan pada Senin hingga Rabu, 8-10 April 2019. Dari 617 DPT yang terdaftar, terdapat 538 calon pemilih yang hadir menggunakan hak pilihnya di 12 distrik Timor-Leste.

Sementara itu, para pasien atau orang sakit di Timor Leste akan dimasukkan ke dalam daftar pemilih khusus (DPK), dan selama sisa surat suara masih ada, anggota KPPSLN akan mengantar surat suara ke rumah sakit tempat mereka berada, agar mereka dapat menggunakan hak pilih mereka.

Untuk pengamanan, PPLN Dili bekerjasama dengan Atase Pertahanan, POLRI dan Polisi Nasional Timor-Leste untuk menjaga kelancaran proses Pemilu Luar Negeri RI 2019 di Timor-Leste. Sekitar 27 orang personil kepolisian Timor Leste diturunkan menjaga area KBRI Dili selama pemugutan suara berlangsung.

Pada Pemilu RI 2019, pemilih akan menggunakan hak pilihnya untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden, serta Anggota Legislatif (DPR) secara serentak, di Perwakilan RI di luar negeri pemilu dilaksanakan pada 8–14 April 2019, sedangkan di Indonesia pemilu dilaksanakan pada 17 April 2019.

Sesuai instruksi KPU RI, penghitungan surat suara akan dilaksanakan secara serentak pada Rabu, 17 April 2019 di KBRI Dili pukul 15.00 WIT sampai selesai, menyesuaikan dengan kondisi Perwakilan RI setempat.

PPLN Dili dan Anggota KPPSLN akan menghitung surat suara, dan merekapitulasi hasil penghitungan tersebut, untuk kemudian disampaikan kepada KPU RI secara aktual dan untuk penghitungan cepat.

Rekapitulasi Pemilu Luar Negeri ditargetkan selesai 9 Mei

Pewarta:
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2019
Milenial Dominasi TPS KBRI Beijing Sebelumnya

Milenial Dominasi TPS KBRI Beijing

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024 Selanjutnya

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024