pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Mamuju temukan 400 surat suara rusak untuk DPR

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sejumlah pekerja melipat dan menyortir surat suara pemilu 2019 di kantor KPU Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (02/04/2019). KPU kabupaten Mamuju menggerakkan 250 pekerja untuk menyortir dan melipat sekitar 860.910 lembar surat suara dan diperkirakan selesai 5-6 hari kedepan. ANTARA FOTO/Akbar Tado/ama.
Sampai tadi malam, kami menemukan sedikitnya 400 surat suara untuk DPR RI rusak. Jumlah itu masih bisa bertambah karena sampai saat ini proses penyortiran secara keseluruhan untuk surat suara rusak masih berlangsung
Mamuju (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat menemukan 400 lembar surat suara untuk DPR RI mengalami kerusakan.

Ketua KPU Kabupaten Mamuju Hamdan Dangkang, Kamis mengatakan, jumlah itu masih bisa bertambah karena proses penyortiran masih berlangsung.

"Sampai tadi malam, kami menemukan sedikitnya 400 surat suara untuk DPR RI rusak. Jumlah itu masih bisa bertambah karena sampai saat ini proses penyortiran secara keseluruhan untuk surat suara rusak masih berlangsung," kata Hamdan.

Ia menyatakan, proses pelipatan lima jenis surat suara, yakni DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, DPD dan pemiliu presiden masih terus berlangsung.

"Untuk surat suara DPD dan pilpres tadi pagi sudah mulai dilipat sedangkan DPRD kabupaten dan provinsi besok baru akan mulai dilakukan pelipatan," tuturnya.

"Untuk surat suara rusak itu, besok KPU pusat akan instruksikan ke percetakan," kata Hamdan.

Hingga saat ini kata dia, seluruh proses tahapan pemilihan umum serentak di Kabupaten Mamuju berjalan lancar.

"Sejauh ini tidak ada kendala yang cukup berarti. Kami optimistis, seluru proses akan berjalan lancar dan aman. Namun, tentu kami berharap dukungan dan bantuan seluruh pihak agar pelaksanaan pemilu serentak di Mamuju dapat berjalan aman, tertib dan lancar," harap Hamdan.

Sebanyak 870.910 surat suara untuk pemilihan umum serentak di Kabupaten Mamuju tiba dan diterima KPU setempat pada Selasa pagi (2/4).

Kemudian, pada sore harinya (Selasa) surat suara tersebut langsung dilipat dan disortir dengan melibatkan 250 orang.

Proses pelipatan sekaligus penyortiran surat suara itu ditargetkan berlangsung selama empat hingga lima hari, kemudian pada 11-13 April akan dilakukan proses distribusi ke PPK, PPS hingga ke TPS.


Baca juga: Bawaslu Surabaya awasi distribusi surat suara di 31 kecamatan
Baca juga: Wali Kota Batam imbau masyarakat gunakan hak pilih
Baca juga: KPU Papua mulai menyortir logistik pilpres dan pileg
Sejumlah pekerja melipat dan menyortir surat suara pemilu 2019 di kantor KPU Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa (02/04/2019). KPU kabupaten Mamuju menggerakkan 250 pekerja untuk menyortir dan melipat sekitar 860.910 lembar surat suara dan diperkirakan selesai 5-6 hari kedepan. ANTARA FOTO/Akbar Tado/ama.
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Bawaslu Kabupaten Kediri: Lima lembaga pemantau ikut awasi pemilu Sebelumnya

Bawaslu Kabupaten Kediri: Lima lembaga pemantau ikut awasi pemilu

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan Selanjutnya

Tiap daerah beda masalah, Panwascam dilatih mampu petakan kerawanan