pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Warganet apresiasi ketenangan Jokowi dalam debat keempat

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ilustrasi: - Relawan Demokrasi Basis Komunitas Perempuan dan Warganet memberikan sosialisasi pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 kepada penerima manfaat di Panti Pelayanan Sosial Wanita Wanodyatama, Solo, Jawa Tengah, Kamis (14/3/2019). (ANTARA FOTO/Maulana Surya/dok)
Debat keempat Pilpres ternyata cukup mengundang animo warganet
Jakarta (ANTARA) - Lembaga kajian PoliticaWave menyatakan netizen di media sosial mengapresiasi ketenangan capres petahana Joko Widodo selama menjalani debat keempat Pilpres 2019.

"Debat keempat Pilpres ternyata cukup mengundang animo warganet," ujar Head of Analytics PoliticaWave Nadia Shabilla dalam siaran pers di Jakarta, Minggu.

Nabila mengatakan debat keempat dengan tema tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional, dipenuhi beragam tagar di media sosial yang merespon kedua capres.

Berdasarkan pantauan di media sosial, PoliticaWave mencatat respon warganet secara detil pada 30 Maret 2019.

Percakapan terkait Jokowi di media sosial didominasi oleh sentimen positif sebesar 74 persen dan sentimen negatif sebesar 26 persen. Sementara Prabowo meraih jumlah percakapan sentimen positif sebesar 52 persen dan sentimen negatif sebesar 48 persen.

PoliticaWave juga merangkum percakapan warganet pada setiap segmen. Di semua segmen debat, Jokowi lebih mendapatkan apresiasi positif dari warganet.

Menurut Nabilla, dari hasil analisa itu dapat disimpulkan bahwa Jokowi unggul pada setiap segmen debat keempat Pilpres dari sisi sentimen positif.

Jokowi meraih percakapan positif terbesar pada segmen 1 dengan 82,20 persen. Hal tersebut tidak terlepas dari pernyataan Jokowi mengenai Digital Melayani atau "Dilan" yang dianggap bermanfaat serta sesuai dengan perkembangan digital saat ini.

Disisi lain, Prabowo meraih percakapan positif terbesar pada segmen awal sebesar 65,30 persen tentang Pancasila sebagai Ideologi negara yang sudah final.

Kemudian, Jokowi meraih percakapan negatif tertinggi pada segmen 5 dikarenakan diplomasi negara yang hanya berorientasi pada bisnis saja.

Di penghujung debat keempat, Prabowo justru meraih percakapan negatif tertinggi di segmen 6 karena dianggap terlalu emosional serta "offensive" dalam penyampaiannya.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019
Milenial 028 dukung Prabowo-Sandi di Pilpres Sebelumnya

Milenial 028 dukung Prabowo-Sandi di Pilpres

Prabowo dan Paloh sepakat kerja sama untuk kepentingan rakyat Selanjutnya

Prabowo dan Paloh sepakat kerja sama untuk kepentingan rakyat