pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pengamat soroti pernyataan Prabowo soal ideologi Pancasila

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto mengikuti debat capres putaran keempat di Hotel Shangri La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019). Debat itu mengangkat tema Ideologi, Pemerintahan, Pertahanan dan Keamanan, serta Hubungan Internasional. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Semoga apa yang disampaikan Pak Prabowo itu sungguh-sungguh kenyataan, bukan sebagai retorika. Jika ada kelompok yang ingin merubah Pancasila menjadi ideologi lain, misalnya khilafah, Pak Prabowo harus berani menolaknya
Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik dari Indonesia Public Institute (IPI) Jerry Massie menyoroti pernyataan capres 02, Prabowo Subianto, soal Pancasila sebagai ideologi yang sudah final bukan sekadar wacana, sehingga siap melawan pihak yang akan mengubah Pancasila.

"Semoga apa yang disampaikan Pak Prabowo itu sungguh-sungguh kenyataan, bukan sebagai retorika. Jika ada kelompok yang ingin merubah Pancasila menjadi ideologi lain, misalnya khilafah, Pak Prabowo harus berani menolaknya," kata Jerry Massie, melalui telepon selulernya.

Jerry Massie mengatakan hal itu menanggapi pernyataan capres 02, Prabowo Subianto, saat menyampaikan visi-misi pada Debat Capres keempat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta, Sabtu malam.

Jerry, bicara soal Pancasiola sebagai ideologi negara dan bangsa, apakah Prabowo berani menyatakan, HTI sebagai organisasi terlarang. "Ini menjadi tantangan bagi Pak Prabowo," katanya.

Menurut Jerry, Prabowo saat menyampaikan visi dan misinya menyebutkan, kecemerlangan Pancasila adalah mempersatuan ratusan etnis di Indonesia. "Pada usia 18 tahun sudah sudah bersumpah untuk mempertahankan Pancasila. Kalau ada yang ingin merubah Pancasila, saya akan lawan," kata Jerry menirukan pernyataan Prabowo.

Menurut Jerry, semoga apa yang disampaikan Prabowo tersebut menjadi kenyataan. "Jangan sampai hanya menjadi retorika," katanya.


Baca juga: Prabowo akan pertahankan Pancasila sampai titik darah penghabisan
Baca juga: Prabowo nilai Pancasila harus dimasukkan dalam pendidikan


 
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
Jokowi tegaskan butuh kecepatan dalam pelayanan pemerintahan Sebelumnya

Jokowi tegaskan butuh kecepatan dalam pelayanan pemerintahan

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus Selanjutnya

Arsul Sani ikut sidang PHPU Pileg terkait PPP, tapi tak ikut memutus