pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Saat kampanyekan Jokowi, TKD Jabar terapkan kearifan lokal

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Juru Bicara TKD Jawa Barat, MQ Iswara saat acara Konsolidasi 10 Partai Koalisi Pemenangan Jokowi-Amin di Kabupaten Garut, Sabtu (30/03/2019). (Feri Purnama)
Tentunya dalam kampanye harus berbeda, setiap partai dan setiap caleg harus punya cara sendiri
Garut (ANTARA) - Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat melakukan berbagai strategi kampanye, salah satunya kampanye kearifan lokal yang sesuai dengan ciri khas daerah agar mampu menarik massa setiap mengampanyekan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo-Maruf Amin dalam pesta demokrasi Pemilihan Presiden 2019.

"Strategi kampanye bisa dilakukan dengan kampanye kearifan lokal tergantung ciri khas daerahnya," kata Juru Bicara TKD Jawa Barat, MQ Iswara saat acara Konsolidasi Partai Koalisi Pemenangan Jokowi-Amin di Kabupaten Garut, Sabtu.

Ia menuturkan, setiap partai politik, maupun calon legislatif harus memiliki cara kampanye yang berbeda disesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing agar lebih menarik dan mendapat perhatian masyarakat.

Seperti kampanye dengan membagikan dodol sebagai ciri khas Garut, menurut Iswara, merupakan cara yang menarik sebagai salah satu kampanye kearifan lokal.

"Tentunya dalam kampanye harus berbeda, setiap partai dan setiap caleg harus punya cara sendiri," katanya.

Iswara menambahkan, cara lain kampanye untuk memenangkan pasangan Jokowi-Maruf yaitu melalui media massa surat kabar, elektronik maupun media sosial yang dapat membantu menyampaikan informasi lebih luas.

Selain itu, lanjut dia, menemui langsung masyarakat, termasuk mendatangi setiap pondok pesantren, bersilaturahmi dengan kiai atau ulama untuk meminta doa dan dukungan.

"Wajib hukumnya kita untuk datang ke kiai dan tokoh ulama," kata Iswara didampingi Ketua Partai Golkar Kabupaten Garut, Ade Ginanjar.

Ia menambahkan, sisa waktu kampanye selama 14 hari akan dimanfaatkan secara maksimal untuk mengampanyekan pasangan Calon Presiden Jokowi-Maruf.

Ia berharap, 10 partai politik pengusung nomor urut 01 lebih ditingkatkan sosialisasi pasangan Jokowi-Maruf kepada seluruh elemen masyarakat di Jabar.

"Kami wajibkan semua caleg di partai pengusung untuk berkampanye Jokowi dan memasang gambar Jokowi di media kampanyenya," katanya.

Baca juga: Targetkan kemenangan, Erick Thohir kukuhkan TKD Jokowi/Ma'ruf Jabar

Baca juga: Jokowi optimis menang di Jabar

Baca juga: 20.000 alumni PT di Jabar akan deklarasi dukungan untuk Jokowi
Pewarta:
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019
Ma'ruf Amin inginkan santri punya keterampilan multifungsi Sebelumnya

Ma'ruf Amin inginkan santri punya keterampilan multifungsi

Relawan tak minta imbalan setelah berhasil menangkan Prabowo-Gibran Selanjutnya

Relawan tak minta imbalan setelah berhasil menangkan Prabowo-Gibran