pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Wiranto gelar Rakorsus bahas antisipasi konflik kampanye terbuka

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto menggelar rapat koordinasi khusus dengan penyelenggara Pemilu, Badan Siber dan Sandi Negara, perwakilan TNI dan Polri di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (14/3/2019). Rakorsus itu membahas antisipasi konflik dalam kampanye terbuka pada tahan Pilpres dan Pileg 2019. (Antaranews/Syaiful Hakim)
Rapat ini membahas bagaimana kita mengambil langkah-langkah untuk mencegah terjadinya konflik yang tidak diperlukan dan mengganggu penyelenggaraan pemilu pada tahapan pemilu kampanye terbuka. Jadi ini yang akan kita bahas
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menggelar rapat koordinasi khusus dengan penyelenggara Pemilu, Badan Siber dan Sandi Negara, perwakilan TNI dan Polri membahas antisipasi konflik dalam kampanye terbuka pada tahan Pilpres dan Pileg 2019.

"Rapat ini membahas bagaimana kita mengambil langkah-langkah untuk mencegah terjadinya konflik yang tidak diperlukan dan mengganggu penyelenggaraan pemilu pada tahapan pemilu kampanye terbuka. Jadi ini yang akan kita bahas," kata Wiranto saat membuka rapat itu di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis.

Menurut dia, rapat kordinasi juga membahas mengenai kesiapan pemerintah dan penyelenggara pemilu dalam keamanan mengingat akan melakukan tahapan kampanye terbuka untuk pemilu serentak tahun 2019.

"Mengapa kita berkumpul pagi hari ini, kita mencoba mengingatkan kembali tugas kita baik sebagai fasilitator pemerintah, KPU, Bawaslu, DKPP sebagai pihak penyelenggara pemilu dan TNI-Polri sebagai bagian dari yang bertanggung jawab dalam keamanan," ujarnya.

Wiranto berharap pemilu ini bisa berjalan dengan aman, tertib dan sukses karena merupakan bagian dari pendewasaan demokrasi Indonesia.

"Kita menghadapi banyak pihak antara lain rakyat pemilih sebagai objek yang kita jaga dan parpol serta instrumen kemudian para kontestan, kemudian tim sukses kemudian para pengacau, karena bagian pengacau pemilu sebagai tujuan dan juga medsos," tuturnya.

Hadir dalam rapat itu, di antaranya, Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Djoko Setiadi, dan Asops Kapolri Irjen Rudy Sufahriad, Asopas Panglima TNI, Ketua Bawaslu Abhan dan Ketua KPU Arief Budiman.

Adapun kampanye terbuka Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno akan berlangsung pada 23 Maret-13 April 2019. Setelah itu, KPU menetapkan hari tenang hingga pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2019
KPU harus atur penggunaan fasilitas negara oleh capres petahana Sebelumnya

KPU harus atur penggunaan fasilitas negara oleh capres petahana

TKN: Prabowo Subianto minta hentikan aksi damai di MK Selanjutnya

TKN: Prabowo Subianto minta hentikan aksi damai di MK