pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

34.295 surat suara di Lampung rusak

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ilustrasi pelipatan kertas suara di Lampung (ANTARA/Dian Hadiyatna)
... akan kami musnahkan namun menunggu pendataan hasil sortir dan berita acara se-kabupaten/kota di Lampung...
Bandarlampung (ANTARA) - KPU Lampung mendata, sebanyak 34.295 surat suara rusak. Angka itu berasal dari tujuh kabupaten/kota yang telah menyerahkan berita acara dari hasil lipatan dan sortir.

"Surat suara ini nanti akan kami musnahkan namun menunggu pendataan hasil sortir dan berita acara se-kabupaten/kota di Lampung," kata anggota Divisi Logistik KPU Lampung, Erwan Bustomi, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menjelaskan penghangusan itu akan dilakukan satu hari sebelum pencoblosan (16/4), setelah pendistribusian kelengkapan logistik ke setiap tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh Kabupaten/kota se Provinsi Lampung.

Ia menambahkan dalam proses menghanguskan surat suara yang rusak maupun lebih tersebut akan disaksikan KPU dan Badan Pengawas Pemilu, polisi, dan pemangku kepentingan lain.

Anggota  KPU Lampung itu mengatakan, dari 15 kabupaten/kota yang melakukan pelipatan surat suara ada 12 kabupaten/kota yang sudah selasai melakukan pelipatan.

"Dari 12 yang sudah selesai ada lima kabupaten/kota yang belum menyerahkan berita acara ke kami, untuk Bandarlampung dan Lampung Selatan, mereka masih dalam proses lipat," kata dia.

Menurutnya kabupaten/kota yang belum menyerahkan berita acara kemungkinan masih dalam tahap sortir dan dihitung kembali oleh petugas KPU setempat.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019
Jokowi-KH Ma'ruf Amin harus menang di Jawa Barat Sebelumnya

Jokowi-KH Ma'ruf Amin harus menang di Jawa Barat

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye Selanjutnya

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye