pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU NTT: Surat suara tujuh kabupaten belum tiba

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Logistik surat suara untuk delapan kabupaten di NTT, sudah tiba di Pelabuhan Tenau Kupang dan segera dibongkar untuk dikirim ke daerah asalnya masing-masing. (ANTARA Foto)
Logistik surat suara untuk tujuh kabupaten di NTT yang belum tiba. Kabupaten lainnya sudah tiba dan sedang dalam persiapan untuk pengiriman ke KPU kabupaten
Kupang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Thomas Dohu, mengatakan, kontainer berisikan logistik surat suara untuk tujuh dari 21 kabupaten/kota di provinsi berbasis kepulauan itu, belum tiba.

Tujuh kabupaten yang belum mendapat logistik surat suara itu adalah Kabupaten Sumba Timur, Sumba Barat, Manggarai Barat, Manggarai, Manggarai Timur, Sikka dan Flores Timur, kata Thomas Dohu kepada Antara di Kupang, Senin.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan persiapan logistik surat suara untuk Pemilu serentak 2019 di NTT.

"Logistik surat suara untuk tujuh kabupaten di NTT yang belum tiba. Kabupaten lainnya sudah tiba dan sedang dalam persiapan untuk pengiriman ke KPU kabupaten," katanya.

Dia berharap, kontainer yang membawa logistik untuk tujuh kabupaten ini sudah bisa tiba dalam pekan ini.

"Kami sudah melakukan konfirmasi kepada penyedia barang, dan mendapat pemberitahuan bahwa, paling lambat pekan ini sudah bisa tiba di NTT," katanya.

Hanya saja, dia tidak bisa menjelaskan, apakah kontainer itu harus dikirim ke Kupang dulu melalui Pelabuhan Tenau, dan baru dikirim ke daerah-daerah karena semuanya tergantung pada penyedia.

Menurut dia, mestinya penyedia bisa mengirim langsung ke salah satu titik di Sumba untuk kebutuhan logistik empat kabupaten di Pulau Sumba dan tidak harus dikirim ke Kupang.

Begitupun logistik untuk kebutuhan di Pulau Flores, bisa dikirim ke Ende, atau Manggarai Barat untuk dikirim ke KPU-KPU yang ada di daratan Pulau Flores.

"Seharusnya bisa. Pekan lalu, penyedia mengirim logistik untuk Ende, Nagekeo dan Ngada di Pulau Flores melalui Pelabuhan Ende, dan ini akan lebih mudah karena pengiriman selanjutnya menggunakan jalur darat," katanya.

Dia mengatakan, pengiriman melalui Pelabuhan Tenau Kupang akan memakan waktu, karena harus menunggu jadwal keberangkatan kapal ke Pulau Sumba, Flores, Sabu Raijua, Larantuka, Alor, Rote Ndao dan wilayah lain di Pulau Flores.

Namun, Thomas Dohu tetap berharap, agar paling lambat pekan ini logistik sudah bisa tiba di daerah, agar KPU di daerah sudah bisa memulai proses penyortiran.
Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019
KPU Lebak ajak warga sukseskan pemilu damai Sebelumnya

KPU Lebak ajak warga sukseskan pemilu damai

DKPP beri sanksi peringatan ke KPU atas kebocoran DPT Pemilu 2024 Selanjutnya

DKPP beri sanksi peringatan ke KPU atas kebocoran DPT Pemilu 2024