pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

TKN sebut Kartu Pra Kerja Jokowi solusi jangka panjang

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily. (Istimewa)
Jadi, Bung Fahri Hamzah jangan dulu pesimis soal kebijakan yang sangat bagus ini. Kita harus optimis untuk menciptakan SDM yang berkualitas
Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily mengatakan kebijakan Kartu Pra Kerja menyangkut investasi jangka panjang bangsa ini untuk menciptakan SDM yang memiliki keterampilan, berkualitas dan memiliki daya saing. 

"Kami berkeyakinan dengan kebijakan Kartu Pra Kerja ini, Presiden menginginkan SDM baik lulusan baru maupun yang ingin beralih profesi memiliki kesiapan dalam memasuki dunia kerja maupun dalam membuka usaha dengan pelatihan yang terstruktur dan sistematis," kata Ace dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Jadi, kata Ace, Kartu Pra Kerja tidak melulu soal duit sebagaimana kritik Fahri Hamzah. Menurut politikus Golkar itu, pemahaman Fahri tentang Kartu Pra Kerja masih terlalu dangkal.

"Dia memahaminya hanya dengan pendekatan duit, duit, dan duit. Cara pandang ini sama dengan para pendukung Parabowo-Sandi pada umumnya," tukas Ace.

Soal anggaran dari kebijakan ini menurut Ace dapat dilakukan dengan dua hal, yakni skema anggaran negara dan dari pihak swasta.

Menurut Ace pendidikan skill dan vokasi sudah banyak dilakukan di berbagai kementerian, terutama Kementerian Ketenagakerjaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan UKMK untuk pendidikan kewirausahaan, dan lain-lain.

"Kartu Pra Kerja ini dapat mengintegrasikan dan menyempurnakan program-program yang telah ada. Soal anggaran, tentu akan kami alokasikan sesuai dengan skala prioritas pemerintahan Jokowi ke depan yang sebelumnya lebih banyak kepada infrastruktur," katanya. 

Pihak swasta juga akan digandeng, terutama yang membutuhkan tenaga kerja terampil yang siap pakai. Dengan demikian, Kartu Pra Kerja bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah, melainkan juga mendorong perekonomian yang lebih mandiri. 

Kebijakan Kartu Pra Kerja ini sangat bisa dilakukan kalau ada kemauan politik disertai politik anggaran yang berorientasi pada pengembangan SDM yang berkualitas. Pelibatan dunia swasta dan industri menjadi penting dalam rangka mendorong kemitraan antara Pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. 

"Jadi, Bung Fahri Hamzah jangan dulu pesimis soal kebijakan yang sangat bagus ini. Kita harus optimis untuk menciptakan SDM yang berkualitas," kata Ace.

Baca juga: Sri Mulyani bilang tiga kartu sosial Jokowi tidak membebani anggaran
Baca juga: Jokowi ingin luncurkan Kartu Pra Kerja




 
Pewarta:
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019
TKN sebut komentar negatif, gagal pahami Jokowi pemimpin rakyat Sebelumnya

TKN sebut komentar negatif, gagal pahami Jokowi pemimpin rakyat

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024 Selanjutnya

Khofifah optimistis putusan MK tak ubah hasil Pilpres 2024