pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Panwaslih ajak masyarakat laporkan caleg bagi-bagi barang

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ilustrasi - Logo Bawaslu.(ANTARA)
Banda Aceh (ANTARA) - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kota Banda Aceh mengajak masyarakat melaporkan caleg yang membagi-bagikan barang ataupun uang karena perbuatan tersebut merupakan tindak pidana pemilu.

"Laporkan kepada kami siapa saja caleg yang bagi-bagi barang maupun uang kepada masyarakat," tegas Koordinator Penindakan Pelanggaran Panwaslih Kota Banda Aceh M Yusuf Al-Qardhawy di Banda Aceh, Sabtu.

M Yusuf menambahkan, laporan harus disertai rekaman video maupun foto serta ada minimal dua saksi. Rekaman video dan foto, serta saksi tersebut merupakan syarat formal dan materiel sebuah perkara.

Artinya, sebut dia, jika syarat formal dan materil tidak terpenuhi, laporan tersebut tidak bisa ditindaklanjuti. Sebab, bagi-bagi barang maupun uang merupakan tindak pidana pemilu.

"Bagi yang melakukan tindak pidana pemilu, sanksinya penjara dan denda hingga puluhan juta. Jadi, kami ingatkan caleg, tim sukses, atau pun lainnya, tidak bagi-bagi barang maupun uang kepada masyarakat," kata M Yusuf.

Terkait tindak pidana pemilu yang ditangani Panwaslih Kota Banda Aceh, M Yusuf Al-Qardhawy mengatakan, masih minim. Hingga kini, Panwaslih Kota Banda Aceh baru menangani satu perkara.

"Namun, perkara tindak pidana pemilu yang ditangani tersebut sudah dihentikan proses hukumnya karena tidak ada bukti," kata M Yusuf Al-Qardhawy menyebutkan.

Tindak pidana tersebut yakni dugaan penggunaan mobil dinas pimpinan DPRA ke tempat kampanye oleh caleg T Irwan Djohan yang juga Wakil Ketua DPRA periode 2014-2019.

"Selain itu juga ada dua laporan dugaan tidak pidana pemilu, namun pelapor tidak menyertakan bukti dan saksi. Akhirnya, pelapor mencabut laporannya," pungkas M Yusuf Al-Qardhawy.
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
Bawaslu Temanggung cegah 73 pelanggaran Sebelumnya

Bawaslu Temanggung cegah 73 pelanggaran

KPU dukung revisi UU Pemilu Selanjutnya

KPU dukung revisi UU Pemilu