Kesbangpol Pekanbaru sasar 750 pemilih pemula

Menpan RB : hak politik ASN hanya di bilik suara
ilustrasi: kotak suara pemilu (ANTARA FOTO/Moch Asim)
Pekanbaru (ANTARA News) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru telah melaksanakan sosialisasi pemilihan umum terhadap 750 pemilih pemula yakni siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) negeri dan swasta se-Kota Pekanbaru, guna menyasar pemilih baru.

"Acara sosialisasi sudah berakhir kemaren dengan sasaran pemilih pemula yang potensial," kata Kepala Badan Kesbangpol Pekanbaru, M Yusuf di Pekanbaru, Rabu.

M Yusuf menjelaskan selama ini tingkat partisipasi khususnya pemilih pemula masih rendah. Sebab para siswa khususnya cenderung cuek dengan politik. Makanya dengan adanya sosialisasi ini, pihaknya ingin memberikan pemahaman agar mereka lebih banyak tahu tentang pemilu dan politik yang akan dilaksanakan pada 17 April mendatang.

"Sehingga tujuan kegiatan sosialisasi ini sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada pemilu serentak 2019," tegas Yusuf.

Selain itu ia juga berharap kepada pemilih pemula, setelah mengikuti acara ini agar menularkan dan memberitahu kepada teman, pihak sekolah, sehingga ilmu yang didapatkan bisa bermanfaat.

Dijelaskan dia bahwa pemilu 2019 yang dilakukan serentak pada tanggal 17 April 2019 merupakan hari libur, maka siswa diharapkan bisa menggunakan waktunya sebentar untuk datang ke TPS memberikan hak suaranya.

Karenanya kata Yusuf juga meminta siswa untuk mengurus e-KTP sehingga bisa melakukan pencoblosan.

Sementara itu panitia menghadirkan pemateri Komisioner KPU Pekanbaru. Mereka membahas tentang pemilu serentak dan teknis-teknis pemilihan atau mencoblosan yang benar. Kemudian nara sumber juga dari Dosen Fisipol Unri, Tyastinof.

Menjelang acara selesai para siswa dan siswi antusias melakukan tanya jawab dan diskusi seputar pemilu.

Pada sosialisasi terakhir yang dilakukan ini sebanyak 16 SLTA sederajat di Kecamatan Tampan hadir didampingi guru. Adapun sekolah SLTA itu antara lain, SMKN 4, SMAN 4, SMA Babusalam, SMA Muhammadiyah , SMK Taruna Satria, SMA 15. Selain itu, SMK Kehutanan, SMK Farmasi Ekasari, Dar-Elhikma, SMK Taruna, SMAN 12 serta SMA 10.

Baca juga: Pemilih pemula Pasaman Barat diperkirakan 6.800 orang
Baca juga: KPU Wondama perkenalkan pemilu ke pemilih pemula
Baca juga: KPU Bangka maksimalkan sosialisasi pemilih pemula
Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019
KPU Dharmasraya gelar lomba paduan suara jaring pemilih pemula Sebelumnya

KPU Dharmasraya gelar lomba paduan suara jaring pemilih pemula

Surya Paloh ajak masyarakat Sulteng pilih Jokowi-Ma'ruf dan NasDem Selanjutnya

Surya Paloh ajak masyarakat Sulteng pilih Jokowi-Ma'ruf dan NasDem