pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Karding: Pernyataan Prabowo soal kebocoran APBN, ocehan politik

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Anggota DPR RI dari Fraksi PKB, Abdul Kadir Karding (kanan) bersama Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (tengah) (Antaranews/Riza Harahap)
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding menilai pernyataan Capres nomor urut 02, Prabowo Subianto, soal kebocoran APBN hingga 25 persen adalah ocehan politik.

"Bagi saya, pernyataan Pak Prabowo soal adanya kebocoran APBN hingga 25 persen lebih pantas sebagai ocehan politik dari pada pidato politik," kata Abdul Kadir Karding melalui pernyataan tertulisnya, di Jakarta, Jumat.

Menurut Abdul Kadir karding, dirinya menyebut sebagai ocehan politik karena isu itu sudah dilontarkan menjelang pemilu presiden 2014.  "Namun, Prabowo sampai saat ini tidak pernah sekalipun menjabarkan bukti-buktinya, apalagi melakukan pelaporan hukum," kataya.

Sikap Prabowo yang dinilai suka menuding tanpa bukti, menurut Karding, menunjukkan karakter politiknya suka mencari sensasi dari pada menyampaikan substansi. Wacana kebocoran anggaran, menurut Karding, diucapkan bukan untuk memperbaiki keadaan bangsa tapi lebih kepada upaya untuk menyudutkan dan menjatuhkan kompetitor politiknya.

"Saya kira publik sudah cukup cerdas untuk membedakan mana ucapan yang substansi atau ocehan yang sekadar menyasar sensasi," katanya.

Anggota DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa ini menjelaskan, APBN selama ini dikelola secara kredibel dan profesional. Setiap tahun BPK juga melakukan audit. 

Dua tahun terakhir, yakni pada 2016 dan 2017, kata dia, BPK memberikan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Bukti ini menunjukkan  bahwa Prabowo  bukan cuma gagal mencari kejelekan pemerintah tapi justru asyik menjelek-jelekkan pemerintah.

"Jika kubu Prabowo benar ingin memperbaiki kondisi negara ini, buat apa menunggu berkuasa. Silakan saja laporkan bukti-bukti yang ia miliki ke penegak hukum seperti kepolisian, KPK, dan kejaksaan, agar kontestasi pilpres tidak tenggelam dalam wacana hoaks," katanya.
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019
Misbakhun minta Prabowo buktikan tudingan kebocoran APBN 25 persen Sebelumnya

Misbakhun minta Prabowo buktikan tudingan kebocoran APBN 25 persen

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye Selanjutnya

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye