counter

Ulama serukan masyarakat tidak terpecah belah karena hoaks

Pemkab Batang tutup wisata yang tidak terapkan protokol kesehatan
Ulama Habib Muhammad Syahab menyerukan masyarakat terutama umat muslim di Indonesia tidak terpecah belah karena berita bohong (hoaks) dan fitnah di Jakarta, Jumat (1/2/2019). (Istimewa)
Jakarta (ANTARA News) - Pimpinan Majelis Taklim dan Dzikir Al Anwar, Habib Muhammad Syahab meminta masyarakat terutama kaum muslim di Indonesia tidak terpecah belah karena penyebaran informasi bohong (hoaks) dan fitnah.

"Seluruh muslim harus bersatu jangan sampai terpecah-belah," kata Habib Muhammad Syahab di Jakarta, Jumat.

Ulama yang juga bernama Al Habib Muhammad bin Taufiq bin Syahab itu menyatakan rakyat Indonesia akan menghadapi pesta demokrasi lima tahunan atau pemilihan umum namun diingatkan agar perbedaan pilihan tidak memutuskan tali silaturahmi antarmuslim.

Habib Muhammad menyarankan kaum ibu dapat berperan menyampaikan kepada pemilih yang berada di lingkungan sekitar agar memilih pemimpin yang taat terhadap perintah Allah SWT.

"Silahkan jamaah memilih pemimpin sesuai pilihannya, namun pilihlah yang bertakwa kepada Allah SWT dan Rasullullah SAW," ujar Habib Muhammad.

Habib Muhammad juga mengingatkan masyarakat tidak melontarkan cacian namun menjaga persatuan muslim atau ukhuwah islamiyah meski berbeda pilihan.

Ulama itu mengajak warga muslin turut menghentikan hoaks dan fitnah karena dilarang agama, untuk menjaga kerukunan umat.

Habib Muhammad juga menjelaskan salah satu hadits Muslim mengenai adab antarmuslim yakni mengucapkan dan mendapatkan salam.

Baca juga: Gandeng KPU dan Bawaslu, Kominfo rilis laporan hoaks terkait pemilu 2019
Baca juga: Generasi muda diingatkan ancaman hukum bila sebarkan hoaks

Hoaks Atau Benar - Tentang UAS yang ditangkap dan KK seukuran KTP

Pewarta:
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019
Menkominfo dilaporkan ke Bawaslu RI soal dugaan pelanggaran pemilu Sebelumnya

Menkominfo dilaporkan ke Bawaslu RI soal dugaan pelanggaran pemilu

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024 Selanjutnya

Deklarasi dukungan relawan Anies Baswedan maju Pilpres 2024