pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Lemkapi minta Polri tindak tegas hoaks surat suara dicoblos

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Edi Hasibuan (Foto: Istimewa)
Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) meminta Polri untuk menindak tegas hoaks termasuk informasi palsu soal surat suara sebanyak tujuh kontainer yang telah dicoblos.   

"Kalau benar,  dia menyebarkan isu lewat twitternya yg menyatakan ada tujuh kontainer berisi kertas suara yang sudah dicoblos di Pelabuhan Tanjung Priok yang didatangkan  dari China  untuk kepentingan capres tertentu, ini  tidak bisa dibiarkan," kata Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan di Jakarta, Senin.
 
Menurut dia, hoaks tersebut  sudah menimbulkan kegaduhan dan  keresahan publik sehingga polisi tidak perlu ragu bertindak.

"Polisi kita minta dalami ada tidaknya pelanggaran hukum. Rakyat sepenuhnya mendukung Polri melakukan tindakan hukum demi menjaga keamanan nasional," katanya.

Menurut pakar hukum dan kepolisian ini,  siapa saja yang sudah jelas  terbukti  menyebar hoaks harus diproses secara hukum, apalagi perbuatannya itu sudah meresahkan masyarakat.

"Sekali lagi polisi  harus tegas. Tidak ada yang kebal terhadap  hukum di negeri ini. Kepada politisi kita minta hati-hati bicara. Jangan sembarangan bicara kalau belum jelas," katanya
 
Sebelumnya beredar kabar ada tujuh kontainer dari Cina berisikan surat suara yang sudah dicoblos untuk pasangan Capres nomor urut 01 di Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (2/1) malam.

Pada Rabu malam itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) langsung mengecek kebenaran kabar tersebut ke Pelabuhan Tanjung Priok.

KPU dan Bawaslu  menyatakan kabar surat suara sudah tercoblos merupakan kabar bohong atau hoaks.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta aparat kepolisian untuk melacak dan menangkap orang yang telah menyebar informasi bohong tersebut.

Baca juga: Dua pelaku penyebar isu surat suara tercoblos ditangkap

Baca juga: BPN Prabowo-Sandi dukung Polri usut penyebar kabar hoax surat suara

Baca juga: Demokrat minta kepolisian usut sumber rekaman hoaks surat suara
Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019
Ma'ruf Amin mulai siapkan diri hadapi debat capres-cawapres Sebelumnya

Ma'ruf Amin mulai siapkan diri hadapi debat capres-cawapres

Prabowo-Gibran sambangi Istana setelah penetapan KPU Selanjutnya

Prabowo-Gibran sambangi Istana setelah penetapan KPU