pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

LPI sayangkan reuni 212 ditunggangi kepentingan politik

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Pengamat Politik Boni Hargens (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Saya menyayangkan hal ini."
Jakarta (ANTARA News) - Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens melihat Reuni 212 yang berlangsung di Jakarta pada Minggu (2/12) adalah reuni umat Islam tapi disayangkan karena ditunggangi oleh para politisi untuk kepentingan poitik. 

"Para politisi telah mencederai umat Islam dari Jakarta dan sekitarnya maupun dari daerah, yang hadir ke Monas Jakarta dengan niat tulus dan hati bersih. Masyarakat Islam yang berkumpul di Monas dan sekitarnya, tapi disayangkan panggung itu diubah menjadi panggung politik oleh para politisi," kata Boni Hargens, pada diskusi "Merawat KeIndonesiaan: Reuni 212 Curi Start Kampanye, Bawaslu Harus Bangun dari Tidur" di Jakarta, Rabu.

Menurut Boni, panggung Reuni 212 itu juga digiring menjadi panggung politik oleh sejumlah tokoh agama yang terlibat sebagai tim kampanye salah satu pasangan yang akan berkontestasi pada pemilu presiden 2019. "Saya menyayangkan hal ini," katanya.

Pengamat politik dari Universitas Indonesia ini juga mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk melakukan evaluasi secara obyektif dan jernih terkait pemanfaatan oleh tokoh politik pada Reuni 212. "Bawaslu jangan membuat kesimpulan yang prematur, seakan-akan hal itu tidak ada pelanggaran. Padahal kami melihat ada spanduk salah satu pasangan capres-cawapres, yakni Prabowo-Sandi. Ada teriakan 2019 ganti Presiden. Ada lagu diputar di sana," katanya.

Menurut Boni, Reuni 212 seharus dibiarkan menjadi ruang agama dan ruang moral, jangan dicederai dengan kepentingan politik. "Itulah yang saya sesali," katanya.

Menurut Boni, dirinya menaruh simptik kepada niat umat Islam untuk menyelenggarakan Reuni 212 tapi dirinya juga menyatakan mengutuk para politisi yang memanfaatkan Reuni akbar tersebut dengan menjadikannya panggung politik.

Sebelumnya Ketua Media Center Reuni Alumni (Mujahid) 212 Novel Bamukmin mengatakan tidak ada agenda politik dalam aksi tersebut. Pihaknya pun melarang pengibaran bendara selain bendera Merah Putih dan bendera bertuliskan kalimat tauhid.

Novel menyebutkan Reuni 212 merupakan ajang kebersamaan yang dapat dihadiri seluruh pemeluk agama di Indonesia dan sangat penting dihadiri umat Islam lantaran berkaitan dengan komitmen untuk menjaga pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 yang penuh dengan kedamaian.
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018
Ketua DPRD Surabaya tolak hadiri sidang kampanye Sebelumnya

Ketua DPRD Surabaya tolak hadiri sidang kampanye

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye Selanjutnya

Pengamat: Prabowo berupaya rangkul parpol lain sesuai janji kampanye