pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Sandiaga datangi kampung pembuatan peci di Gresik

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Calon Wakil Presiden, Sandiaga Salahuddin Uno membeli peci atau songkok saat mendatangi kampung pembuat  di Kampung Belandongan, Gresik, Jawa Timur, Senin (3/12/2018). Tim SSU
pake peci itu bisa membuat kegantengan naik 30 persen
Jakarta (ANTARA News) - Calon Wakil Presiden, Sandiaga Salahuddin Uno mendatangi kampung pembuat  peci atau kopiah di Kampung Belandongan, Gresik, Jawa Timur, Senin, dan sempat membeli satu kopiah hasil karya pengrajin.
     
Daerah ini merupakan  kawasan yang memproduksi kopiah di Gresik. Terdapat  lebih dari 500 UKM dengan  rata-rata per UKM mempekerjakan karyawan 20 sampai 40 orang. 
     
"Produksi songkok ini, bisa menjadi produksi kebanggaan Gresik, Indonesia, bahkan dunia," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta.
     
Menurutnya, sentra UMKM seperti inilah yang menjadi fokus utama gerakan ekonomi rakyat dari pasangan Prabowo-Sandiaga. 
   
 Sementara itu, Muhammad Kamal  generasi kedua pembuat songkok dari Gresik mengaku ada penurunan daya beli. Walau belum terasa, tapi sedikit demi sedikit pesanannya berkurang. Pemilik merek BMH itu, juga mengaku kain untuk membuat peci hitam itu masih bergantung pada impor. Pesanan memang biasa membanjir di bulan Ramadhan. 
   
Iya pak. Permasalahannya bahan bakunya impor. Jadi harganya juga tergantung naik turunnya dolar. Dan bahannya juga kadang sulit didapat,” kata Kamal, yang mengaku bersama keluarganya bisa memperoduksi 40 peci perhari dengan harga jual satu peci Rp45 ribu sampai Rp50 ribu. 
   
Kamal mengaku hanya menjual produksinya berdasarkan permintaan. Belum menggunakan penjualan secara online.
     
Sandiaga juga meminta Gamal untuk mengambilkan peci ukuran nomor 8 untuk dipakainya.
     
“Enak dipakai pecinya, pas. Kata sahabat saya yang sudah menjadi gubernur, pake peci itu bisa membuat kegantengan naik 30 persen,” ucap Sandiaga.

 
Pewarta:
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018
DPT Jawa Barat diprediksi bertambah Sebelumnya

DPT Jawa Barat diprediksi bertambah

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN Selanjutnya

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN