pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pelaku UMKM pembuat bendera di Garut deklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Perajin Kecamatan Leles, Garut, membuat bendera dan umbul-umbul, Sabtu (24/11/2018). (ANTARA/Dyah Dwi)
Kami sudah merasakan langsung apa yang dilakukan Pak Jokowi kepada UMKM seperti kami sehingga kami merasa ada pertanggungjawaban untuk memenangkan kembali Pak Jokowi."
Garut (ANTARA News) - Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang sebagian besar merupakan pembuat bendera di Garut, Sabtu, mendeklarasikan dukungannya kepada pasangan capres-cawapres Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Kami atas nama masyarakat UMKM Garut, menyatakan sepenuhnya mendukung dan akan memenangkan pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin," kata Ketua Pengusaha UMKM di Kecamatan Leles, Garut, Dayung Ridwan.

Dayung Ridwan mengatakan 80 persen dari ratusan masyarakat pelaku UMKM yang hadir di deklarasi itu hidup dari menjahit bendera dan umbul-umbul dan memasarkannya ke berbagai wilayah di Indonesia serta ke Timor Leste.

Dia mengaku pernah diundang langsung oleh Presiden Jokowi ke Istana bersama dengan pelaku UMKM dari daerah lainnya dan Presiden Jokowi memberi bantuan peralatan mesin untuk paguyuban mereka.

"Kami sudah merasakan langsung apa yang dilakukan Pak Jokowi kepada UMKM seperti kami sehingga kami merasa ada pertanggungjawaban untuk memenangkan kembali Pak Jokowi," kata Ridwan.

Deklarasi tersebut dilakukan di hadapan Sekretaris TKN Jokowi-KH Ma'ruf Amin, Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat dan Ketua DPD PDIP Jawa Barat Tubagus Hasanuddin yang sedang melakukan Safari Kebangsaan tahap dua menyusuri jalur selatan Jawa.

Hasto Kristiyanto menyebut dukungan masyarakat kepada Jokowi-KH Ma'ruf Amin merupakan hal yang wajar karena Jokowi tidak pernah lelah menyapa masyarakat.

Presiden Jokowi dikatakannya pemimpin yang tidak lahir dari kemewahan dan lahir dari pinggir Sungai Bengawan Solo, bekerja keras dari bawah hingga menjadi pengusaha sebelum maju sebagai walikota Solo, gubernur DKI dan kini menjadi presiden.

"Beliau benar-benar dari bawah dan benar-benar memimpin dengan semangat kerakyatan yang ada," kata Hasto.

Semangat dan kerja Jokowi itu disebutnya harus ditiru oleh para relawan di bidang UMKM yang baru saja mendeklarasikan dukungannya itu.

Usai deklarasi, Hasto dan rombongan menyempatkan diri melihat bagaimana UMKM itu memproduksi berbagai spanduk, bendera dan umbul-umbul.

Baca juga: Safari Kebangsaan tahap kedua susuri jalur selatan Jawa

Baca juga: Sekjen PDIP pimpin Safari Kebangsaan tahap kedua

Baca juga: Sekjen-Ketua DPP PDIP berjoget bersama kader di Karawang
Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018
PDIP pertanyakan kerinduan pada Orde Baru Sebelumnya

PDIP pertanyakan kerinduan pada Orde Baru

KPU tingkatkan pelayanan bagi pemilih disabilitas di Pilkada 2024 Selanjutnya

KPU tingkatkan pelayanan bagi pemilih disabilitas di Pilkada 2024