pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

TPN Ganjar-Mahfud sebut telah siap hadapi sidang lanjutan PHPU di MK

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud Hasto Kristiyanto saat memberikan keterangan di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (1/4/2024). ANTARA/Rio Feisal.
Jakarta (ANTARA) - Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md menyebut pihaknya telah mempersiapkan dengan sebaik mungkin untuk menghadapi sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK), Selasa (2/4).

"Bahkan, kami kemarin itu mengadakan rapat secara khusus, hari Sabtu (30/3) dan Minggu (31/3) kami gunakan untuk mempersiapkan sidang di MK, termasuk para pakar," kata Sekretaris TPN Ganjar-Mahfud Hasto Kristiyanto di kawasan Menteng, Jakarta, Senin.

Sementara itu, Hasto mengatakan bahwa pihaknya memberikan apresiasi terhadap para guru besar yang mengajukan diri sebagai "Amicus Curiae" atau Sahabat Pengadilan.

"Kemudian, ada para budayawan yang juga akan mengajukan hal yang sama (Amicus Curiae), kelompok-kelompok civil society (masyarakat sipil), sehingga dukungan dari masyarakat itu semakin luas agar Mahkamah Konstitusi mengambil keputusan yang seadil-adilnya," ujarnya.

Oleh sebab itu, Hasto mengatakan bahwa pihaknya percaya dengan sikap kenegarawanan para hakim MK dalam menangani sidang PHPU.

Baca juga: TPN minta MK tidak hanya memeriksa perbedaan perolehan suara

Baca juga: Ganjar: Kami ingin selamatkan demokrasi

Baca juga: TPN: Kesaksian Menkeu untuk soal bansos di perkara PHPU


"Kami percaya pada sikap kenegarawanan para hakim Mahkamah Konstitusi untuk berani mengambil terobosan hukum, untuk menyelamatkan masa depan Indonesia, untuk menyelamatkan demokrasi," jelasnya.

Adapun pada hari ini Timnas AMIN menghadirkan tujuh ahli dan sebelas saksi dalam sidang pembuktian pemohon yang beragendakan mendengarkan keterangan ahli dan saksi pemohon serta pengesahan alat bukti tambahan pemohon.

Tujuh ahli yang dihadirkan adalah Bambang Eka, Faisal Basri, Prof. Ridwan, Vid Adrison, Yudi Prayudi, Anthony Budiawan, Djohermansyah Djohan.

Kemudian, 11 saksi yang dihadirkan secara langsung adalah Mirza Zulkarnaen, Muhammad Fauzi, Anies Prijo Ansharie, Andry Ermawan, Surya Dharma, Achmad Chusairi, Mislaini Suci Rahayu, Sartono, Adnin Armas, dan Arief Patramijaya, sedangkan satu saksi yang hadir secara daring, yaitu Amrin Harun.

Masing-masing saksi diberikan waktu 15 menit dan untuk ahli 20 menit yang mana sudah termasuk dengan pendalaman.

Sebelumnya, terdapat dua perkara PHPU Pilpres 2024 yang diajukan. Perkara satu, yaitu permohonan yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor register 1/PHPU.PRES-XXII/2024. Sedangkan perkara dua, yaitu permohonan yang diajukan oleh Ganjar-Mahfud dengan nomor register 2/PHPU.PRES-XXII/2024.
Pewarta:
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024
Komisi II DPR pastikan ikut bertanggung jawab evaluasi Pemilu 2024 Sebelumnya

Komisi II DPR pastikan ikut bertanggung jawab evaluasi Pemilu 2024

KPU luncurkan tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pilgub Sultra Selanjutnya

KPU luncurkan tahapan dan jadwal penyelenggaraan Pilgub Sultra