pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Polisi perkuat pengamanan hasil pemilu dengan terjunkan 4.376 personel

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Kondisi terkini diluar gedung KPU jelang pengumuman rekapitulasi Pemilu 2024 di Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2024). ANTARA/Ilham Kausar
juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di beberapa lokasi
Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya memperkuat pengamanan terkait putusan rekapitulasi hasil Pemilu 2024 di gedung KPU pusat, Menteng, Jakarta Pusat pada hari ini, dengan menerjunkan sebanyak 4.376 personel.
 
"Sebanyak 4.376 personel ditempatkan di sejumlah titik, Pertama di Monas, ada 550 personel, di Bawaslu 530 personel, sektor KPU ada 2.355 personel, kemudian di sektor DPR RI ada 940 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
Ade Ary menambahkan pihaknya juga menyiapkan rekayasa lalu lintas di beberapa lokasi. Namun penerapannya lebih bersifat situasional (mengikuti dinamika di lapangan).
 
Dia juga mengimbau masyarakat yang hendak melakukan aksi unjuk rasa agar tidak melakukan tindakan anarkis.
 
"Kami mengimbau mari sama-sama saling menjaga dengan mengikuti aturan saat menyampaikan pendapat serta menjaga keamanan dan ketertiban sehingga warga yang beraktivitas di sekitar lokasi tidak terganggu," katanya.
 
"Tentunya warga perlu informasi ini sehingga bisa mencari jalan terbaik supaya cepat sampai tujuan karena ada kegiatan penyampaian aksi," sambungnya.
 
KPU RI akan melakukan rapat pleno terbuka untuk penetapan hasil Pemilu 2024 secara nasional.
 
"Kami akan melakukan rapat pleno terbuka untuk penetapan hasil pemilu secara nasional," ujar anggota KPU RI August Mellaz di kantor KPU RI, Jakarta, Selasa (19/3).
 
Dia menyebutkan tujuh anggota badan penyelenggara pemilihan umum itu akan menyampaikan penetapan hasil Pemilu 2024.Tujuh anggota KPU RI yang dimaksud adalah August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Mochammad Afifuddin, Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik,  termasuk Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari.
 
"Jadi, kami bertujuh pasti siap  (stand by) di kantor KPU. Kami juga pasti akan berikan informasi ke teman-teman media untuk kebutuhan publikasi termasuk juga perkembangan terkini (breaking news) dan segala macam. Jadi sabar saja ya," katanya.
 
Selain itu, saat ditanya apakah akan mengundang partai politik pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk penetapan hasil Pemilu 2024, dia menjelaskan bahwa selama ini hubungan tetap berlangsung baik melalui petugas penghubung (liaison officer) yang ditunjuk. 
 
"Setiap kali ada rekapitulasi kan kita buka itu juga melihat apakah teman-teman saksi dari peserta pemilu hadir atau tidak, itu juga jadi pertimbangan. Jadi pasti sampai ke mereka," jelas Mellaz.
 
Sementara itu, Mellaz masih belum tahu apakah petinggi partai politik akan diundang ke pengumuman penetapan hasil Pemilu 2024.

Menurutnya setiap partai memiliki skema organisasi tersendiri untuk mengirimkan utusan.
 
"Jadi, itu juga cukup. Memang harus ini ya sekretaris jenderal dan ketua umum (hadir)? Kan tidak juga," katanya.
 
Berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat nasional yang dilakukan KPU pada Rabu (28/2) hingga Senin (18/3), pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka meraih 427.871 suara di 128 wilayah panitia pemilihan luar negeri (PPLN).
 
Pada urutan kedua adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 125.110 suara, dan posisi terakhir yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang mendapatkan 118.385 suara.
Baca juga: Polisi mulai perketat penjagaan di Bawaslu dan KPU
Baca juga: KPU RI sahkan suara Prabowo-Gibran unggul di Jakarta
Baca juga: KPU DKI rampungkan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024
Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024
Ganjar akan bertemu Mahfud sore ini jelang penetapan hasil pemilu Sebelumnya

Ganjar akan bertemu Mahfud sore ini jelang penetapan hasil pemilu

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran