pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Jabar target pleno penetapan hasil Pemilu 2024 rampung malam ini

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Komisioner dan Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar Adie Saputro memberikan keterangan di Gedung KPU Jabar, Bandung, Minggu (17/3/2024). (ANTARA/Ricky Prayoga)
Bandung (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat menargetkan rapat pleno penetapan hasil Pemilu 2024 di Jabar rampung hari Minggu malam ini (17/3) dan langsung dibawa ke Jakarta malam ini juga.

"Iya malam ini (dilaksanakan pleno hasil), jam berapapun beres, kita langsung meluncur ke Jakarta untuk dibahas pada 18 Maret 2024," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jabar Adie Saputro di Gedung KPU Jabar, Bandung, Minggu.

Dalam rapat pleno ini, kata Adie, KPU Kabupaten Bekasi telah menyampaikan hasil pleno tingkat Kabupaten Bekasi, untuk empat jenis surat suara yakni Pilpres, Pileg DPR RI, Pileg DPD, dan Pileg DPRD Provinsi.

"Karena masuk waktu buka puasa, kita skorsing dulu dan nanti kita bahas apakah ada keberatan, ada masukan, ada hal-hal lain dari saksi, baik itu saksi paslon, saksi tpd, parpol atau dari bawaslu atas rekapitulasi tersebut," ucapnya.

Setelah rekapitulasi Kabupaten Bekasi, kata Adie, pleno ini akan melanjutkan dengan agenda pembacaan putusan hasil bawaslu atas temuan di beberapa tempat kabupaten kota.

"Tindak lanjut sidang bawaslu yang memang kemarin diajukan para saksi parpol di beberapa tempat kota kabupaten. Setelah itu pengesahan dari KPU Provinsi Jabar dan para saksi," ucapnya.

Untuk Kabupaten Bekasi yang masih menyisakan perhitungan di Kecamatan Tambun Selatan, Adie mengatakan bahwa empat pemilihan yang harus disampaikan ke tingkat provinsi sampai ke atas yakni Pilpres, Pileg DPR RI, Pileg DPD, dan Pileg DPRD Provinsi telah rampung disampaikan.

"Katanya nanti malam maka nanti lanjut pleno tingkat Kabupaten Bekasi tapi jenis pemilihan DPRD Kabupaten Bekasi, untuk jenis pemilihan yang empat itu di tandatangan semua, selesai semua," ucapnya.

Atas keadaan khusus ini, Adie mengatakan bahwa hal tersebut sesuai dengan aturan yang ada yakni surat edaran 454 KPU RI yang menyebutkan apabila ada keadaan mendesak di luar perencanaan, maka diperbolehkan melanjutkan sampai di KPU RI tanggal 20 Maret 2024.

"Mudah-mudahan kami selesai pleno di tingkat provinsi dan disahkan semua sehingga kita langsung meluncur ke Jakarta untuk menyampaikan dokumen dari hasil provinsi yang kita serahkan nanti untuk Pilpres, untuk DPR RI, dan hasil untuk DPD," ucapnya.

Pleno di tingkat provinsi Jawa Barat ini sendiri dijadwalkan berlangsung pada tanggal 6-10 Maret 2024. Namun karena adanya proses rekapitulasi di tingkat kota dan kabupaten yang belum rampung, prosesnya di Jawa Barat masih berlangsung sampai saat ini.

Meski demikian, KPU Jawa Barat mengindikasikan bahwa rapat pleno hasil Pemilu 2024 akan dilangsungkan pada hari Minggu malam ini.

Baca juga: KPU Jabar: Penetapan hasil Pemilu 2024 tunggu Kabupaten Bekasi rampung

Baca juga: Pleno KPU Jabar dilanjutkan usai Kota Bekasi sampaikan dokumen C1
Pewarta:
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024
KPU sampaikan empat nama anggota DPD-RI terpilih asal Malut Sebelumnya

KPU sampaikan empat nama anggota DPD-RI terpilih asal Malut

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran