pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU akan hadiri RDP DPR soal evaluasi Pemilu 2024 Kamis besok

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Anggota KPU, August Mellaz, beri keterangan kepada wartawan, di Kantor KPU, Jakarta, Selasa (12/3/2024). ANTARA/Narda M Sinambela.
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum akan menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi II DPR, Kamis (14/3) besok.

Anggota KPU, August Mellaz, mengungkapkan, surat dari DPR sudah sampai ke Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, beberapa hari lalu. Ia pun mengatakan ketuanya sudah memberikan surat disposisi untuk semua anggota KPU.

"Kebetulan begini, saya lupa beberapa hari lalu itu sudah ada surat dari Komisi II yang sampai ketua KPU dan didisposisi ke kami semua anggota. Saya lupa persisnya, saya juga sudah disposisi saya akan hadir," ujar Mellaz saat ditemui awak media di Kantor KPU, Jakarta, Selasa.

Baca juga: KPU Sumut tunda rapat pleno tunggu rekapitulasi suara Kota Medan

Ia menjelaskan RDP merupakan bagian dari tugas dan tanggung jawab DPR untuk melakukan pengawasan terhadap mitra kerja. Menurut Mellaz RDP KPU bersama DPR dalam rangka evaluasi tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

Oleh karena itu, KPU akan mempersiapkan evaluasi pemilu dengan sebaik mungkin. Hal ini untuk mengantisipasi apabila muncul pertanyaan mengenai Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap). "Tapi, apakah nanti spesifik di Sirekap atau bagaimana itu kita lihat nanti," jelasnya.

Baca juga: Rekapitulasi nasional ungkap saksi di Kalimantan Selatan "double job"

Saat ditanya mengenai waktu pelaksanaannya, dia menuturkan antara pukul 09.00 atau 10.00 WIB.

Sementara itu, anggota Komisi II DPR, Agung Widyantoro, membenarkan ada RDP Komisi II DPR bersama KPU pada Kamis mendatang.

"Sesuai hasil rapat internal memang betul Komisi 2 telah menjadwalkan RDP Rapat Dengar Pendapat dengan KPU, Bawaslu, DKPP. Rencana hari Kamis besok," kata dia saat dikonfirmasi ANTARA di Jakarta, Selasa.

Baca juga: KPU RI sahkan Prabowo-Gibran unggul di Banten
Pewarta:
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024
Penjelasan caleg gagal di Cilegon setop aliran air bersih untuk warga Sebelumnya

Penjelasan caleg gagal di Cilegon setop aliran air bersih untuk warga

PUSaKO Unand paparkan temuan pelanggaran pada Pemilu 2024 Selanjutnya

PUSaKO Unand paparkan temuan pelanggaran pada Pemilu 2024