pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Tim Wantanas RI mencari masukan terkait pemilu di Temanggung

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Penjabat Bupati Temanggung memberikan plakat kepada Ketua Tim OTS Prioritas Nasional Dewan Ketahanan Nasional Brigjen Pol. Nazirwan Adji Wibowo. ANTARA/Heru Suyitno
Wantanas bertugas untuk merumuskan rancangan kebijakan rekomendasi kepada Presiden selaku Ketua Dewan Ketahanan Nasional.
Temanggung (ANTARA) - Tim On the Spot (OTS) Prioritas Nasional Dewan Ketahanan Nasional (Wantanas) RI mencari masukan terkait dengan Pemilu 2024 di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Ketua Tim OTS Prioritas Nasional Dewan Ketahanan Nasional Brigjen Pol. Nazirwan Adji Wibowo di Temanggung, Jumat, mengatakan bahwa Dewan Ketahanan Nasional itu memang memiliki program nasional untuk memantau dari kesiapan sebelum pemilu, mendekati hari pemungutan, sampai dengan pascapemungutan suara.

Dalam kunjungan di Temanggung, tim diterima Penjabat Bupati Temanggung Hery Agung Prabowo dan jajaran forkopimda, KPU, bawaslu setempat, dan dari unsur Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Temanggung.

"Jadi, kegiatan ini kami lakukan dari tahun lalu. Kami sudah ke Provinsi Bali dan lain-lain. Pada hari ini di Kabupaten Temanggung," katanya.

Selain memantau pelaksanaan pemilu, tim juga memastikan bahwa pemangku kepentingan menyiapkan semua perangkatnya untuk pilkada serentak.

"Jadi, kesiapannya kami pastikan sudah benar-benar siap, kemudian kami juga meminta masukan hal-hal penting yang perlu kami sampaikan dalam sebuah rumusan rancangan kebijakan karena Wantanas bertugas untuk merumuskan rancangan kebijakan rekomendasi kepada Presiden selaku Ketua Dewan Ketahanan Nasional," ujarnya.

Nazirwan menyebutkan ada banyak hal setelah keliling kemarin dari Semarang, Brebes, Tegal, Pemalang, Batang, hingga Temanggung, antara lain, dari FKUB misalnya menjelaskan bahwa masalah kerukunan ke depan akan krusial.

Akan tetapim FKUB sebagai forum kerukunan tampaknya perlu diperkuat, mungkin dengan peraturan presiden. Mereka diberi kekuatan dalam regulasi itu untuk berdaya dan mampu mengembangkan kerukunan di tiap daerah.

Dari bawaslu setempat, kata dia, terkait dengan pendidikan politik sejak awal sudah diberikan di kurikulum SMA supaya anak-anak itu nanti cerdas dalam memilih siapa pemimpin yang cocok sesuai dengan hati nuraninya.

"Selama ini kami muter-muter itu mengumpulkan masukan dari bawah untuk kami godok lagi di tingkat pusat, kemudian kami rapatkan lagi di Jakarta dalam sebuah rapat koordinasi, lalu hasil akhirnya jadi sebuah rancangan kebijakan sekaligus rekomendasi kepada Presiden," katanya.

Penjabat Bupati Temanggung Hery Agung Prabowo mengatakan bahwa pelaksanaan Pemilu 2024 di Kabupaten Temanggung telah berlangsung aman dan tertib.

Baca juga: KSP bersama Lemhanas dan Wantanas bahas pengamanan daerah rawan
Baca juga: Wantanas : Indonesia harus jadi poros maritim dunia
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024
Bupati Kepulauan Seribu: Pemilu kondusif berkat dukungan warga Sebelumnya

Bupati Kepulauan Seribu: Pemilu kondusif berkat dukungan warga

KPU sebut dalil para pemohon dalam sidang PHPU Pilpres tidak terbukti Selanjutnya

KPU sebut dalil para pemohon dalam sidang PHPU Pilpres tidak terbukti