pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Anis-Muhaimin menang mutlak di TPS pemungutan suara ulang di Agam

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Anggota KPPS TPS 08 Manggopoh sedang melakukan penghitungan suara pemungutan suara ulang di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Sabtu (24/22024). ANTARA/Altas Maulana/aa.
Lubuk Basung,- (ANTARA) -
Pasangan Anis Rasyid Baswedan dan Muhaimin Iskandar menang mutlak di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 08 Manggopoh, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat dengan memperoleh 64 suara pada pemungutan suara ulang Pemilu 2024, Sabtu (24/2).
 
Pasangan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka hanya memperoleh 20 suara, sedangkan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. hanya memperoleh satu suara.
 
"Ini berdasarkan penghitungan yang kami lakukan di TPS 08 Manggopoh," kata Ketua KPPS 08 Manggopoh lkhsan di Lubuk Basung, Sabtu.
 
lkhsan mengatakan bahwa perolehan suara DPD RI dan DPR RI masih dalam penghitungan suara.
 
Saat pemungutan suara ulang, kata dia, total pemilih yang memberikan suara sebanyak 85 orang yang berasal dari DPT 83 orang, DPTb satu orang, dan daftar pemilih khusus (DPK) satu orang.
 
Total pemilih di TPS 08 sebanyak 200 orang terdiri atas DPT 198 orang dan DPTb dua orang.
 
Ketua KPU Kabupaten Agam Herman Susilo mengungkapkan bahwa pelaksanaan PSU di TPS 08 Manggopoh karena adanya pemilih yang menggunakan hak pilih meski tak ada di dalam daftar pemilih tetap (DPT) atau daftar pemilih tetap tambahan (DPTb).
 
Pemungutan ulang di TPS 08 Manggopoh, kata Herman, untuk Pemilu Presiden/Wakil Presiden RI, Pemilu Anggota DPR RI, dan Pemilu Anggota DPD RI.
 
Pemungutan suara ulang itu setelah KPU Kabupaten Agam menerima rekomendasi dari Bawaslu Kabupaten Agam. Pengawas TPS menemukan pemilih di TPS tersebut yang mencoblos walaupun tidak terdaftar di DPT dan DPTb.
 
"Pelaksanaan pemungutan suara ulang berjalan dengan aman dan lancar," katanya.

Baca juga: Bawaslu: Partisipasi pemilih PSU di 10 TPS Surabaya 50 persen lebih
Baca juga: Polisi amankan pelaksanaan PSU di Teluk Wondama


Pemilu 2024 meliputi Pemilu Presiden dan Wakil Presiden RI, Pemilu Anggota DPR RI, Pemilu Anggota DPD RI, pemilu anggota DPRD provinsi, dan pemilu anggota DPRD kabupaten/kota dengan daftar pemilih tetap (DPT) tingkat nasional sebanyak 204.807.222 pemilih.

Peserta pemilu anggota legislatif (pileg) sebanyak 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, pileg juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pada waktu yang sama, Rabu (14 Februari 2024), diselenggarakan pula Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 yang diikuti pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Seturut Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022, rekapitulasi suara nasional Pemilu 2024 dijadwalkan mulai 15 Februari hingga 20 Maret 2024.
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024
12 petugas ad hoc meninggal belum terima santunan dari KPU RI Sebelumnya

12 petugas ad hoc meninggal belum terima santunan dari KPU RI

MK putuskan tidak terima gugatan PHPU Pileg PPP Dapil Jatim Selanjutnya

MK putuskan tidak terima gugatan PHPU Pileg PPP Dapil Jatim