pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Sampah APK di Jakarta diolah menjadi bahan bakar

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono (kanan) meninjau pembangunan TPS 3R di Jakarta, Jumat (16/2/2024). ANTARA/Khaerul Izan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jakarta mengolah sampah alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2024 untuk diolah menjadi bahan bakar (refused derivied fuel/RDF) ketika tidak diambil oleh pemiliknya.

"Yang berupa bendera dan lainnya kita kembalikan kepada yang memiliki. Tapi kita ada batas waktu yang diberikan," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, untuk sampah APK yang tidak diambil oleh pemiliknya, maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mengolah sampah tersebut untuk dijadikan bahan bakar. "Sampah APK yang tidak diambil kami olah lagi," ujar Budi.

Kepala DLH Provinsi DKI Jakarta Asep Kuswanto mengatakan bahwa semua sampah APK yang telah diturunkan pada masa tenang sudah dikumpulkan menjadi satu.

Baca juga: DLH DKI punya "mini dump" ramah lingkungan untuk kumpulkan sampah
Baca juga: Legislator minta Dinas LH DKI fasilitasi warga untuk daur ulang APK


Selanjutnya, kata Asep, sampah APK dan juga bambu yang digunakan itu kemudian di cacah untuk dijadikan bahan bakar berupa RDF.

"Jadi yang seperti bambu, bendera beserta spanduk kita tampung dan kita cacah semua untuk hasilnya juga dijadikan RDF lagi. Kemarin sudah ditinjau oleh 'offteker' (penampung), mereka tidak mempermasalahkan hasil cacahan yang dari APK itu," katanya.

Ia menambahkan, sesuai surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, maka semua sampah APK yang diturunkan tidak dibuang ke TPS, namun harus diolah kembali, agar tidak mencemari lingkungan.

"Sesuai Surat Edaran Menteri KLHK semua sampah APK tidak dibuang ke TPS," kata Asep menegaskan.
 
Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024
Aksi berakhir, akses di depan KPU RI kembali dibuka Sebelumnya

Aksi berakhir, akses di depan KPU RI kembali dibuka

DKPP beri sanksi peringatan ke KPU atas kebocoran DPT Pemilu 2024 Selanjutnya

DKPP beri sanksi peringatan ke KPU atas kebocoran DPT Pemilu 2024