pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Menko Muhadjir harapkan pemimpin terpilih penuhi janji kepada rakyat

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (kanan) bersama istri Suryan Widati (kiri) menunjukkan surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 27, Jatimulyo, Malang, Jawa Timur, Rabu (14/2/2024). ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/aa.

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengharapkan pemimpin terpilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 bisa memenuhi janji-janji kepada rakyat.

Di sela-sela pemungutan suara di 027 Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Rabu, Muhadjir mengatakan bahwa siapapun pasangan calon yang terpilih pada Pemilu 2024 tersebut, bisa bertanggung jawab sebagai pemimpin bangsa.

"Mudah-mudahan, siapapun yang terpilih, merupakan pilihan rakyat Indonesia dan akan memenuhi seluruh janji dan memenuhi tanggung jawab sebagai seorang pemimpin bangsa," kata Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan, seluruh pasangan calon yang berkontestasi pada Pemilu 2024 baik untuk calon presiden dan calon wakil presiden, serta calon anggota legislatif, sudah menjalani proses yang cukup panjang pada tahapan Pemilu 2024.

Menurutnya, para calon pemimpin dan wakil rakyat tersebut, sudah teruji dalam proses selama tahapan Pemilu 2024 termasuk saat berkampanye. Sebagai informasi, masa kampanye Pemilu 2024 dilaksanakan pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.

"Semua calon sudah menyiapkan diri dengan baik. Baik untuk legislatif maupun presiden dan wakil presiden. Semua adalah calon-calon yang baik dan sudah teruji dalam proses yang cukup panjang," katanya.

Ia berharap pelaksanaan Pemilu 2024 yang dilaksanakan serentak pada 14 Februari 2024 tersebut bisa berjalan satu putaran agar lebih efisien. Namun, hal tersebut diserahkan kepada masyarakat yang menggunakan hak pilih pada Pemilu 2024.

"Berdoa, semoga cukup satu putaran, karena lebih simple, efisien dan dari segi biaya lebih rendah. Namun tentu, semua terserah rakyat juga, rakyat yang menentukan," katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar diusung oleh Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Ummat.

Pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Sedangkan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka diusung oleh Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora).

Kemudian, juga diusung oleh Partai Garda Republik Indonesia (Garuda), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) yang tidak lolos menjadi peserta Pemilu 2024.
Baca juga: Menko PMK Muhadjir gunakan hak pilih di TPS 027 Jatimulyo Kota Malang
Baca juga: Menko PMK bantah presiden politisasi bansos
Baca juga: Menko PMK berharap Pilpres 2024 satu putaran

Pewarta:
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024
Menko Luhut nyoblos di Bali, harap pemilu damai meski pilihan berbeda Sebelumnya

Menko Luhut nyoblos di Bali, harap pemilu damai meski pilihan berbeda

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran