pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Jaktim targetkan distribusi logistik selesai pada Selasa

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) tengah mengangkat kotak suara untuk didistribusikan ke Kelurahan Balekambang di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (12/2/2024). ANTARA/Syaiful Hakim/aa.
Pendistribusian logistik dikawal oleh unsur TNI, Polri, Bawaslu, Panwascam, Satpol PP, Sudin Gulkarmat dan unsur terkait lainnya
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur menargetkan distribusi logistik pemilu berupa kotak suara maupun surat suara sudah selesai didistribusikan seluruhnya ke masing-masing TPS pada Selasa (13/2).

"Targetnya seluruh kotak suara maupun logistik pemilu lainnya didistribusikan ke masing-masing TPS pada H-1 pencoblosan atau Selasa malam (13/2). Kita pastikan selama distribusi dikawal oleh polisi, TNI, dan Bawaslu," kata Ketua Divisi Teknis KPU Jakarta Timur, Carlos Paath di sela-sela pendistribusian kotak suara di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin.

Di Jakarta Timur, kata dia, pendistribusian logistik sudah mulai berjalan di beberapa kelurahan. Namun, di Kecamatan Kramat Jati pendistribusian logistik pertama di Kelurahan Balekambang.

Di Balekambang tercatat ada 388 kotak suara yang di dalamnya dipenuhi dengan logistik pemilu lainnya seperti surat suara, tinta, paku, bantalan, salinan daftar pemilih tetap dan lainnya.

Menurut Carlos, jumlah TPS di Jakarta Timur sebanyak 8.812 TPS, termasuk yang ada di panti sosial, rumah sakit, lembaga pemasyarakatan maupun rumah tahanan.

Pendistribusian logistik dikawal oleh unsur TNI, Polri, Bawaslu, Panwascam, Satpol PP, Sudin Gulkarmat dan unsur terkait lainnya.

"Sejauh ini, semua logistik sudah lengkap tidak ada kerusakan dan kondisinya masih tersegel dengan baik," papar Carlos.
Ketua Divisi Teknis KPU Jakarta Timur, Carlos Paath saat memberikan keterangan pers di sela-sela pendistribusian logistik Pemilu 2024 di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (12/2/2024). ANTARA/Syaiful Hakim


Pendistribusian logistik pemilu itu diangkut dengan menggunakan truk pengangkut (dump truck) dari gudang logistik dengan pengawalan ketat petugas gabungan.

Sejumlah anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) diperbantukan untuk mengangkut logistik tersebut.
Dari gudang, logistik dibawa ke kantor kelurahan terlebih dulu sebelum dibawa ke RW dan ke TPS-TPS.

Lurah Balekambang, Herman Triono mengatakan pendistribusian logistik pemilu di wilayahnya memang yang perdana di Kecamatan Kramat Jati.

Namun, karena masih ada waktu, maka seluruh logistik akan diinapkan di kantor kelurahan dan dijaga ketat petugas gabungan, sampai seluruhnya terdistribusi ke 97 TPS yang tersebar di 10 RW.

"Seluruh logistik akan diinapkan terlebih dahulu satu hari dan rencananya pada Selasa besok malam sudah diambil oleh petugas KPPS untuk diantarkan ke masing-masing TPS yang ada di 10 RW," kata Herman.

Menurutnya jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kelurahan Balekambang ada 27.235 jiwa. Seluruhnya sudah mendapatkan surat undangan.

Diharapkan masyarakat dapat hadir ke TPS untuk memberikan hak pilihnya secara demokrasi, sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan sukses, aman, dan damai.
Baca juga: Kapolres Jaktim minta petugas perketat pengawasan di KPU dan Bawaslu
Baca juga: Forkopimko Jaktim tinjau gudang logistik surat suara
Baca juga: Sortir dan lipat surat suara Pemilu 2024 di Jaktim capai 80 persen 
Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024
Bawaslu RI siapkan patroli pengawasan antisipasi "serangan fajar" Sebelumnya

Bawaslu RI siapkan patroli pengawasan antisipasi "serangan fajar"

MK putuskan tidak terima gugatan PHPU Pileg PPP Dapil Jatim Selanjutnya

MK putuskan tidak terima gugatan PHPU Pileg PPP Dapil Jatim