pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pemilu di KBRI Sofia jadi ajang silaturahmi masyarakat Indonesia

Mataram targetkan partisipasi masyarakat 80 persen di Pemilu 2024
Pemilih WNI berdomisili luar negeri memeriksa surat suara yang akan dicoblos pada pemilu di Kedutaan Republik Indonesia di Sofia, Bulgaria, Sabtu (10/20/2024). (Antara/HO-KBRI Sofia)
Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (Duta Besar LBBP) untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta mengatakan pemilu di wilayah akreditasi tersebut berlangsung meriah dan menjadi ajang silaturahmi masyarakat Indonesia.

Dalam keterangan KBRI Sofia yang diterima di Jakarta, Senin, Iwan mengatakan pemilu metode tempat pemungutan suara (TPS) di Aula KBRI Sofia, Bulgaria telah dilaksanakan pada Sabtu (10/2) pukul 08.00-18.00 waktu setempat.

"Keluarga besar KBRI Sofia dan masyarakat Indonesia yang berada di Sofia sangat akrab, setiap ajang pertemuan masyarakat yang kami hadirkan selalu menjadi ajang silaturahmi dan penuh suasana kekeluargaan," ujar Iwan.

"Alhamdulillah dari pantauan kami pelaksanaan Pemilu berlangsung tertib, meriah, dan hangat," kata dia.

Iwan mengapresiasi kerja para penyelenggara pemilu di wilayah kerjanya, anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) dan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) , yang bertugas melayani para pemilih.

"Dalam melaksanakan Pemilu kemarin saya selalu menekankan kepada para penyelenggara agar profesional dan menjaga netralitas dalam melayani para pemilih sebaik-baiknya", ujar Dubes Iwan.

Iwan mengatakan di saat pemilu luar negeri berlangsung, juga merupakan kampanye akbar terakhir di Indonesia sebelum menuju Minggu tenang. Ia telah mengingatkan para petugas dan para diplomat agar menjaga netralitas, dan dihimbau kepada masyarakat untuk tidak berkampanye di TPS Sofia.

"Saya sangat menyakini sesuai pernyataan saya sebelumnya dengan media, para pemilih di wilayah akreditasi saya adalah masuk dalam kategori pemilih cerdas" kata Iwan.

Ketua PPLN Sofia di Bulgaria Yetti Oktaviani juga mengkonfirmasi bahwa pelaksanaan Pemilu di TPS Sofia berlangsung dengan lancar dan penuh kehangatan. Dari total jumlah pemilih yang terdaftar, 87 persen pemilih telah memberikan hak suaranya.

“Agar suasana Pemilu berlangsung hangat dan meriah, kami juga menyediakan makanan khas Indonesia yang dapat dinikmati oleh seluruh Masyarakat. Selain itu, Panitia juga membuatkan photobooth Pemilu sebagai media ekspresi masyarakat yang telah memberikan suaranya. Alhamdulillah semua berjalan lancar” ujar Ketua PPLN Sofia.

Baca juga: Lebih dari 1.000 WNI mencoblos surat suara pemilu di TPSLN Istanbul
Baca juga: PPLN Islamabad selenggarakan bazar untuk meriahkan Pemilu 2024
Pemilih WNI berdomisili luar negeri berfoto bersama usai pencoblosan pada pemilu di Kedutaan Republik Indonesia di Sofia, Bulgaria, Sabtu (10/20/2024). (Antara/HO-KBRI Sofia)
Pewarta:
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2024
Lebih dari 1.000 WNI mencoblos surat suara pemilu di TPSLN Istanbul Sebelumnya

Lebih dari 1.000 WNI mencoblos surat suara pemilu di TPSLN Istanbul

114 TPS terdampak banjir Demak gelar pemungutan suara susulan Selanjutnya

114 TPS terdampak banjir Demak gelar pemungutan suara susulan