pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

KPU Kubu Raya-Kalbar siapkan lima TPS khusus di lapas

Mataram targetkan partisipasi masyarakat 80 persen di Pemilu 2024
Pelepasan distribusi logistik pemilu Kubu Raya. ANTARA/Rizki Fadriani.
Kubu Raya (ANTARA) -
Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kubu Raya, Kalimantan Barat, Heri Darmawan, mengatakan pihaknya sudah menyiapkan lima Tempat pemungutan suara (TPS) khusus untuk para warga binaan pemasyarakatan (WBH) di lembaga pemasyarakatan (lapas) setempat guna menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024.
 
"TPS tersebut berada di lapas kelas II A laki-laki Sungai Raya dengan total empat TPS, sedangkan satu TPS berada di lapas kelas IIA perempuan, Parit Keladi, Sungai Kakap, Kubu Raya," kata Heri di Sungai Raya, Senin.
 
Dia merinci untuk lapas kelas IIA laki-laki, Sungai Raya ada empat TPS dan lapas kelas IIA perempuan, Parit Keladi ada satu TPS.
 
Heri menjelaskan, di tiap TPS yang ada di lapas akan ditugaskan tujuh anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), dan akan dijaga oleh petugas linmas sebanyak dua orang untuk satu TPS.
 
"Untuk di lapas kelas IIA laki-laki ada empat TPS dengan jumlah anggota KPPS tujuh orang untuk satu TPS, di lapas kelas IIA perempuan ada satu TPS dengan jumlah anggota KPPS yang sama yakni tujuh, serta akan ada pengamanan dari linmas," katanya.
 
Dalam pelaksanaan proses pemungutan suara, nantinya WBH akan memperoleh surat suara sesuai dengan daerah pilihannya yang menyesuaikan dengan alamat masing-masing.
 
Diketahui, lapas kelas IIA laki-laki, Sungai Raya memiliki jumlah pemilih sebanyak 965, dan di lapas kelas IIA perempuan pemilih berjumlah 181.
 
"Kami juga telah melaksanakan sosialisasi terkait dengan pemilu umum, hak pilih, dan daerah pilihan, serta surat suara pemilu di lapas kelas IIA laki-laki maupun perempuan," kata Heri.

 
Pewarta:
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024
Tito ingatkan kepala daerah bantu distribusi logistik Pemilu 2024 Sebelumnya

Tito ingatkan kepala daerah bantu distribusi logistik Pemilu 2024

Angka partisipasi pemilih di Muna Barat capai 87, 36 persen Selanjutnya

Angka partisipasi pemilih di Muna Barat capai 87, 36 persen