pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pemkot Jaktim turunkan alat peraga kampanye memasuki masa tenang

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Memasuki masa tenang Pemilu 2024, petugas gabungan dari Satpol PP, PPSU, TNI, Polri dan instansi lainnya tengah menertibkan alat peraga kampanye (APK) Pemilu 2024 di kawasan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, pada Minggu dini hari (11/2/2024). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur/aa.
Pada pukul 00.00 WIB kita lakukan penertiban pada seluruh APK di lingkungan Kota Jakarta Timur, dengan santun dan berhati-hati
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) menertibkan ribuan alat peraga kampanye (APK) memasuki masa tenang Pemilu 2024, pada Minggu dini hari.

Penurunan APK kampanye itu difokuskan pada baliho dan spanduk di jembatan dan jalan protokol. Selanjutnya, akan dilakukan di lingkungan dan permukiman warga.

Sekitar 500 personel gabungan dari Satpol PP, TNI, Polri, Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), KPU dan Bawaslu dikerahkan dalam penertiban APK yang berada di kawasan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Para petugas mulai membongkar beberapa baliho yang terpasang di bahu jalan dan taman kota.

Untuk menurunkan baliho yang tidak terjangkau, petugas menggunakan mobil tangga Suku Dinas Bina Marga Jaktim.

Wali Kota Jaktim M Anwar saat apel penurunan APK Pemilu Damai di halaman Kantor Wali Kota Jaktim, mengatakan penertiban APK ini bagian dari aturan perhelatan akbar demokrasi yang memasuki tahap masa tenang kampanye.

"Pada pukul 00.00 WIB kita lakukan penertiban pada seluruh APK di lingkungan Kota Jakarta Timur, dengan santun dan berhati-hati," kata Anwar.
Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M Anwar (tengah) didampingi oleh Kapolres Metro Jaktim Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly (kanan) dan Komandan Kodim 0505/Jakarta Timur Letkol Arm Suyikno (kiri) saat memberikan keterangan pers terkait penertiban alat peraga kampanye (APK) saat memasuki masa tenang Pemilu 2024 di kawasan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Minggu dini hari (11/2/2024). ANTARA/HO-Kominfotik Jakarta Timur/aa.

Dia mengharapkan semua pihak dapat mengikuti aturan dan ketentuan yang berlaku dalam pelaksanaan Pemilu 2024, khususnya terkait penertiban APK dan menjaga situasi kondusif serta mentaati semua aturan sebagaimana yang telah ditetapkan.

"Manfaatkan waktu tenang dengan sebaiknya dengan netralitas, gunakan hak pilih sebaik mungkin, kita semua bersaudara. Wujudkan demokrasi yang sehat, jujur dan sebagai contoh bahwa Kota Jakarta Timur dapat menjaga kerukunan," ujarnya.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Nicolas Ary Lilpaly menambahkan pihaknya bersinergi dalam membersihkan APK, sehingga diharapkan pelaksanaan pesta demokrasi ini dapat berjalan aman dan lancar.

"Seperti yang disampaikan Pak Wali, kita akan menjaga kondusif dan masyarakat agar dapat menggunakan hak suaranya, jangan takut ke TPS," ujarnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0505/Jakarta Timur Letkol Arm Suyikno mengatakan TNI  tetap netral serta siap bertugas untuk mengamankan  warga.

"Kita junjung teguh netralitas, jangan takut untuk bersama menyukseskan Pemilu 2024 di Kota Jakarta Timur," ujarnya.

Penertiban APK itu dilakukan secara serentak di lima wilayah DKI Jakarta setelah berakhirnya masa kampanye dan memasuki masa tenang pada Minggu (11/2) hingga Selasa (13/2). Sementara, pencoblosan Pemilu dilakukan pada Rabu (14/2).
Baca juga: Kekurangan personel jadi kendala penertiban APK di DKI Jakarta
Baca juga: Petugas gabungan belum tertibkan APK dipaku di pohon di Jakut
Baca juga: NasDem DKI minta Bawaslu DKI bekerja secara ideal tertibkan APK
Pewarta:
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024
Bawaslu pimpin penertiban APK saat masa tenang di Kota Bandung Sebelumnya

Bawaslu pimpin penertiban APK saat masa tenang di Kota Bandung

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah