pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Survei Polstat: Semakin banyak warga inginkan Pilpres satu putaran

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Political Statistics (Polstat) Indonesia merilis survei terbaru terkait Pilpres 2024. ANTARA/HO-Polstat.
Jakarta (ANTARA) -
Political Statistics (Polstat) Indonesia merilis survei terbaru yang menghasilkan kesimpulan bahwa semakin banyak warga yang menginginkan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 berlangsung satu putaran saja.
 
Direktur Riset Polstat Indonesia Apna Permana mengatakan temuan dari survei itu merupakan hal yang menarik. Adapun survei tersebut dilakukan pada 4 Februari hingga 7 Februari 2024.
 
"Ternyata mayoritas responden 69,6 persen lebih setuju jika Pilpres 2024 berlangsung satu putaran saja," kata Apna dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Kamis.
 
Dia memaparkan hanya 19,2 persen responden yang berharap Pilpres dapat berlangsung dua putaran. Sementara sebanyak 11,2 persen responden mengaku tidak tahu alias tidak memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang disampaikan Polstat Indonesia.
 
Menurutnya responden yang menginginkan Pilpres berlangsung satu putaran meningkat pada survei terbaru ini dibandingkan survei sebelumnya. Pada survei sebelumnya, Desember 2023, sebanyak 57,4 persen responden mengharapkan Pilpres berlangsung satu putaran.
 
Selain itu, survei tersebut juga menghasilkan kesimpulan bahwa mayoritas warga juga menolak wacana pemakzulan Presiden Jokowi karena hanya akan memperpanjang kegaduhan politik nasional.
 
Dia memaparkan 55,8 persen responden menyatakan tidak setuju alias menolak wacana pemakzulan tersebut, dan 20,9 persen responden yang setuju terhadap wacana pemakzulan Presiden Jokowi. Sementara menurutnya sebanyak 23,3 persen responden tidak dapat memberikan sikap terhadap wacana tersebut.
 
Dia mengatakan survei tersebut dilakukan di 34 provinsi di Republik Indonesia dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden. Populasi survei ini menurutnya adalah penduduk Indonesia yang minimal sudah berusia 17 tahun dan memiliki E-KTP.
 
Survei itu, kata dia, dilakukan diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis (systematic random sampling) dengan batas kesalahan (margin of error)+/- 2,83% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.
 
"Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka langsung dengan responden berpedoman kuesioner," katanya.
Baca juga: Polstat: Dukungan konstituen PDIP tak bulat ke Ganjar Pranowo
Baca juga: Polstat: Gibran jadi nama kejutan bursa cawapres
Baca juga: Polstat: Tingkat kepuasan publik atas kinerja Jokowi capai 68,2 persen
Pewarta:
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024
TKN klaim setengah juta orang daftar kampanye akbar di GBK Sebelumnya

TKN klaim setengah juta orang daftar kampanye akbar di GBK

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah Selanjutnya

Relawan dari 3 paslon capres sepakat rekonsiliasi dan kawal pemerintah