pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

PDIP sampaikan 4 poin terkait kondisi politik jelang pencoblosan

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto (kiri) bersama politisi muda PDIP Aryo Seno Bagaskoro (kanan) dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (5/2/2024). ANTARA/HO-PDIP.
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto membeberkan 4 poin utama yang menjadi sorotannya terkait kondisi politik Indonesia menjelang H-9 atau sembilan hari sebelum hari pemungutan suara, yakni Rabu, 14 Februari 2024.

"Pertama, dinamika politik nasional pasca mundurnya Prof Mahfud Md diwarnai oleh gerakan prodemokrasi yang semakin kuat dan seruan moral serta seruan kebenaran di dalam politik," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin.

Menurutnya, seruan untuk menjadikan rakyat sebagai sumber kedaulatan yang terpenting kian bergema. Apalagi, lebih dari 29 kampus se-Indonesia telah menyampaikan seruan terhadap kondisi demokrasi saat ini, termasuk pentingnya agar Pemilu 2024 berjalan secara demokratis, jujur, adil dan bermartabat.

Kemudian, berbagai indikasi adanya oknum-oknum aparat TNI, Polri yang tidak netral, dan tuntutan agar tidak terjadi politisasi bansos dengan menggunakan anggaran negara dapat diperhatikan.

Kedua, Hasto menyoroti soal dugaan intimidasi yang disertai dengan praktik penyalahgunaan kekuasaan yang berlangsung jelang pemilu.

Bahkan, dia mendapati informasi soal lembaga survei dijadikan sebagai alat dan instrumen elektoral dipacu dengan tampilan beberapa alat peraga dari salah satu partai yang dekat dengan kekuasaan.

"Apalagi ketika ada yang mengatakan bahwa pasangan 02, itu didukung oleh lebih dari sepertiga penyumbang perekonomian nasional, maka ini akhirnya menghadapkan kekuatan rakyat, presiden rakyat, Ganjar-Mahfud. Vis a vis terhadap kekuatan kekuasaan itu yaitu Paslon 02," katanya.

Politisi asal Yogyakarta ini juga mengindikasi bahwa lembaga survei telah dicampuradukan sebagai alat elektoral.

Ketiga, Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud ini turut menanggapi pergerakan para tokoh-tokoh intelektual, dari kampus-kampus ternama, pergerakan tokoh budaya, kelompok pro demokrasi, hingga tokoh kebangsaan yang harus turun gunung.

Kemudian yang keempat, TPN Ganjar-Mahfud juga mencermati fenomena kampanye paslon nomor 2 Prabowo-Gibran di banyak wilayah yang terekam sepi meskipun dengan fasilitas yang luar biasa.

"Dengan kualitas yang baik, tetapi ternyata itu sepi. Sehingga ada gap yang besar antara apa yang dibangun dari persepsi hasil survei dengan realitas yang terjadi di lapangan," ungkap Hasto.

Sebaliknya, Doktor Ilmu Pertahanan ini menyinggung peristiwa yang terjadi di Boyolali yang menimpa relawan pendukung Ganjar-Mahfud yang dipersekusi oleh oknum aparat TNI.

Lalu, tindak kekerasan yang terjadi di Yogyakarta, kemudian penurunan bendera PDI Perjuangan secara paksa di Gunung Kidul.

Hasto menilai peristiwa itu justru menjadi suatu arus balik bahwa kekuatan organik yang mendukung Ganjar Mahfud, itu semakin besar. Ini bisa dilihat di acara Hajatan Rakyat Konser Salam Metal 03 Ganjar-Mahfud di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Sabtu (3/2).

"Sehingga Ganjar-Mahfud justru mendapatkan sentimen yang paling positif melalui gerakan rakyat massa organik yang datang dengan minimnya fasilitas, dengan tidak adanya lebih dari sepertiga pengusaha perekonomian nasional yang mendukung pada pasangan Ganjar, karena lebih banyak mendukung pasangan Prabowo," pungkasnya.

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Hasto: Ganjar-Anies punya kemiripan saat Debat Kelima Pilpres 2024

Baca juga: Megawati apresiasi NU dan Muhammadiyah terima Zayed Award
Pewarta:
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024
Menang atau tidak, Prabowo janjikan bangun sekolah unggul di Langowan Sebelumnya

Menang atau tidak, Prabowo janjikan bangun sekolah unggul di Langowan

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran