pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ganjar-Mahfud kenakan jaket varsity, apresiasi sikap civitas academica

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Tangkapan layar - Pasamgan Calon Presiden dan Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. di Balai Sidang JCC Senayan, Jakarta, Minggu (4/2/2024). ANTARA/Narda Margaretha Sinambela
Sepatu buatan jenama lokal Marquee ini juga merupakan simbol ajakan bagi masyarakat untuk melangkah bersama ....
Jakarta (ANTARA) - Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Ganjar Pranowo-Mahfud Md. kompak mengenakan jaket varsity (universitas) berwarna kombinasi hitam dan putih yang bertuliskan 21 program unggulan.

Deputi Kanal Media Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Karaniya Dharmasaputra, menjelaskan bahwa Ganjar-Mahfud mengenakan jaket ala universitas sebagai wujud apresiasi pada gelombang pernyataan sikap dosen dari berbagai perguruan tinggi ternama sebagai upaya menjaga demokrasi serta menegakkan etika dan moral dalam berpolitik.

"Mengenakan jaket varsity yang khas mahasiswa itu memberikan penjiwaan lebih kepada Mas Ganjar karena pada tema debat pamungkas ini Mas Ganjar akan banyak membahas tentang masa depan sumber daya manusia (SDM), masa depan anak muda generasi penerus kita," kata Karaniya dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, busana kali ini tak hanya sebagai wujud apresiasi, tetapi sesuai dengan tema debat kelima Pilpres 2024. Adapun tema debat kelima adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, SDM, dan inklusi.

Karaniya mengatakan bahwa jaket varsity merupakan simbol prestasi, kehormatan, dan semangat tim. Dengan memakainya, Ganjar-Mahfud ingin menginspirasi masyarakat arti pentingnya kerja keras, dedikasi, dan kebersamaan dalam mencapai tujuan bersama.

Selain itu, jaket yang Ganjar-Mahfud dibuat oleh jenama asal Kota Bandung, Raw Type Riot.

"Ini merupakan sebuah pilihan yang tak hanya soal gaya, juga komitmen pada karya anak bangsa. Karena Raw Type Riot ini ide kreasinya muncul dari mahasiswa di asrama kampus," jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa pemilihan jaket varsity Raw Type Riot menjadi bagian integral dari visi Ganjar-Mahfud untuk memajukan ekonomi kreatif dan memberikan peluang bagi para pelaku usaha di dalam negeri.

Sejumlah program unggulan Ganjar-Mahfud juga tertera pada jaket itu dalam bentuk patch.

Jika pada debat-debat sebelumnya patch menampilkan program bertema pertahanan dan lingkungan, pada debat kali ini, program yang ditampilkan adalah 1 Keluarga Miskin, 1 Sarjana, 1 Desa 1, Faskes, 1 Nakes, Bansos Pasti, Internet Gratis, dan lain sebagainya yang terkait dengan tema debat.

Tak hanya itu, Ganjar-Mahfud mengenakan jenama lokal asal Bandung, Marque.

"Sepatu buatan jenama lokal Marquee ini juga merupakan simbol ajakan bagi masyarakat untuk melangkah bersama dalam menciptakan masa depan yang lebih baik seiring dengan semangat inovasi dan dedikasi anak bangsa," tambah Karaniya.

Baca juga: AS Hikam: Debat Kelima akan tentukan arah dukungan 'swing voters'
Baca juga: Ganjar janjikan kesetaraan untuk disabilitas Indonesia


Selepas debat pertama Pilpres 2024 pada tanggal 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, debat ketiga 7 Januari 2024, dan debat keempat 21 Januari 2024, KPU menggelar debat kelima di Jakarta.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, masa tenang pada tanggal 11—13 Februari, dan hari-H pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
Pewarta:
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024
Ganjar berkomentar tema kesehatan: Kalau mengobati terus entar boros! Sebelumnya

Ganjar berkomentar tema kesehatan: Kalau mengobati terus entar boros!

KPU sebut dalil para pemohon dalam sidang PHPU Pilpres tidak terbukti Selanjutnya

KPU sebut dalil para pemohon dalam sidang PHPU Pilpres tidak terbukti