pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Ganjar: Mereka yang punya kepentingan sebaiknya mundur seperti Mahfud

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyimulasikan mencoblos surat suara saat kampanye terbuka dalam pesta rakyat bersama masyarakat adat Dayak di Rumah Adat Lingga, Ambawang, Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rabu (31/1/2024). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/YU
mereka yang punya conflict of interest, sebaiknya mundur seperti Pak Mahfud
Pontianak (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo meminta para calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pilpres 2024 yang memiliki konflik kepentingan (conflict of interest) politik untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai penyelenggara negara.

"Termasuk siapa pun, seperti yang saya omongkan sejak awal, mereka yang punya conflict of interest, sebaiknya mundur seperti Pak Mahfud," kata Ganjar usai kampanye di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu.

Ganjar menambahkan langkah Mahfud MD mengundurkan diri dari jabatannya sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam) merupakan sikap berintegritas.

"Saya, sekali lagi, hormat Pak Mahfud, Anda punya integritas yang hebat," tegas Ganjar.

Baca juga: Bertemu Pratikno, Ari: Mahfud belum sampaikan surat pengunduran diri

Untuk diketahui, calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menyatakan akan mundur dari jabatannya sebagai menko polhukam demi masa depan politiknya. Mahfud akan menyerahkan secara langsung surat pengunduran dirinya sebagai menko polhukam kepada Presiden Joko Widodo.

"Saya akan melaporkan, saya sudah selesai," kata Mahfud di Lampung, Rabu.

Mahfud akan menyampaikan surat pengunduran dirinya begitu mendapatkan jadwal untuk bertemu dengan Jokowi. Dia memperkirakan surat pengunduran dirinya itu akan diserahkan pada Kamis (1/2).

"Dan surat ini akan disampaikan begitu saya mendapat jadwal ketemu dengan Presiden (Jokowi), tapi saya bawa terus karena memang surat ini begitu saya diberi waktu langsung saya sampaikan surat ini," kata Mahfud.

Baca juga: Mahfud akan serahkan surat pengunduran diri langsung ke Jokowi

Dia juga menyebut pengunduran dirinya dari jabatan menko polhukam telah disepakati dengan capres Ganjar Pranowo serta seluruh partai politik yang mengusung pasangan calon Ganjar-Mahfud.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Mahfud: Saya tidak akan "tinggal glanggang colong playu"
 
Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024
Istri mendiang Gus Dur dan sejumlah tokoh sambangi kantor KPU Sebelumnya

Istri mendiang Gus Dur dan sejumlah tokoh sambangi kantor KPU

MK mulai gelar sidang perdana perkara PHPU Pileg 2024 Selanjutnya

MK mulai gelar sidang perdana perkara PHPU Pileg 2024