pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

Pimpinan ponpes di Lebak deklarasi dukung Prabowo-Gibran

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Pimpinan sejumlah pondok pesantren mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Prabowo-Gibran di Lebak, Banten, Senin (29/1/2024). (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)
Jakarta (ANTARA) - Pimpinan sejumlah pondok pesantren di Kabupaten Lebak, Banten, mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon presiden-wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada Pemilu 2024.

Pimpinan Ponpes Salafiyah Tajul Falah Kiai Haji Muhamad Suryana dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin, menyatakan alasan mendukung Prabowo-Gibran karena pasangan itu berkomitmen untuk tetap menjaga dan mendukung kerukunan beragama.

"Alasannya, yakni Prabowo dan Gibran siap mendukung kerukunan beragama," ujarnya.

Ulama sepuh Kiai Haji Rumdani dari Ponpes Syarif Hidayatullah juga menyatakan bahwa para ulama di Lebak, khususnya Ponpes Salafiyah Tajul Falah, menilai hanya pasangan calon nomor urut 2 yang telah terbukti kerja nyata.

"Prabowo-Gibran bekerja nyata, bukan bicara," tegasnya.

Baca juga: Forum Masyarakat Adat Buru siap menangkan Prabowo-Gibran

Hal serupa disampaikan Kiai Haji Asep Falahudin dari Ponpes Salafiyah Alwaiziyah, bahwa pasangan Prabowo-Gibran yang akan meneruskan kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

"Prabowo-Gibran capres dan cawapres yang akan melanjutkan program pembangunan Bapak Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Sementara itu, Kiai Haji Syahroni dari Ponpes Riyadul Athfal menyebut para ulama kharismatik di Lebak siap mengajak masyarakat untuk memilih Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024.

Baca juga: Relawan Prabowo-Gibran buat aplikasi Suarapagi.id untuk cegah golput

"Mengajak masyarakat harus dengan wibawa, yang berbicara itu wibawa. Di sini ada Kiai Haji Jahrom, Kiai Haji Hamdani, Kiai Haji Majid, jadi mau ke mana lagi kita memilih, itu yang harus kita ikuti. Di sisi lain, saya tidak mengajak. Namun, bahasa yang sering datang pujian dari kaum perempuan. Rata-rata perempuan berbicara sekali Prabowo, dua kali sama, masa yang ketiga kali kalah lagi. Jadi, semuanya sudah mengakui Prabowo, insyaallah akan kita jadikan," katanya menegaskan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasangan calon peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo minta pendukung jaga surat suara setelah pencoblosan
Baca juga: Prabowo ajak masyarakat kawal penghitungan suara Pemilu 2024
Pewarta:
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024
Bawaslu Jabar cecar Emil dengan 30 pertanyaan terkait pelanggaran Sebelumnya

Bawaslu Jabar cecar Emil dengan 30 pertanyaan terkait pelanggaran

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN Selanjutnya

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN