pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

TKN yakin visi, misi, dan program Prabowo-Gibran mencakup semua gender

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo (kiri) dalam wawancara eksklusif bersama ANTARA di Media Center TKN Prabowo-GIbran, Jakarta, Selasa (23/1/2024). (ANTARA/Fath Putra Mulya)
Jakarta (ANTARA) - Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yakin bahwa visi, misi, dan program yang ditawarkan oleh calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sudah mencakup kebutuhan semua gender.

“Kita bicara juga misalnya ekonomi, semua yang kita tampilkan di dalam visi, misi, program, itu enggak ada satu pun yang hanya untuk laki-laki. Itu semua juga untuk perempuan,” kata Juru Bicara TKN Prabowo-Gibran, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo dalam wawancara eksklusif bersama ANTARA yang disiarkan pada Kamis.

Hal itu dikatakan Saras merespons pertanyaan terkait posisi perempuan dalam visi, misi, dan program Prabowo-Gibran. Sebagai aktivis perempuan, ia mengaku tidak ingin jika isu perempuan dibuat seolah-olah hanya melekat kepada perempuan.

“Karena isu perempuan adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan hak asasi manusia,” ujarnya.

Prinsip itulah, kata dia, yang diterapkan oleh kubu Prabowo-Gibran. Saras mengaku pihaknya telah memikirkan program pasangan calon nomor urut 2 itu agar bisa bermanfaat bagi perempuan maupun laki-laki.

“Bicara tentang lapangan pekerjaan, itu juga bicara untuk perempuan. Bicara makan siang gratis, bergizi untuk anak-anak sekolah, itu juga untuk memikirkan bagaimana kita sebagai ibu, memikirkan anak-anak kita,” katanya.

Menurut Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu, narasi bahwa isu perempuan hanya dipikirkan oleh perempuan harus dihentikan.

“Ini kenapa di dalam visi misi program Prabowo-Gibran, itu enggak ada yang istilahnya ‘Oh hanya spesifik untuk perempuan’, tidak. Semua yang kita bicarakan itu untuk masyarakat Indonesia yang artinya untuk laki-laki, perempuan, maupun anak-anak,” imbuhnya.

“Narasinya ini kita harus yakinkan kepada semua bahwa semua program itu harus mencakup semua isu dan itu penting untuk laki-laki maupun juga perempuan,” katanya lagi.

Baca juga: TKN: Perempuan berpotensi jadi kontributor nyata pembangunan bangsa
Baca juga: TKN: Prabowo-Gibran perjuangkan hak kesetaraan gender dan disabilitas


Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 
Pewarta:
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024
Ratusan ribu KPPS Pemilu DKI diingatkan untuk kerja sesuai kode etik Sebelumnya

Ratusan ribu KPPS Pemilu DKI diingatkan untuk kerja sesuai kode etik

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN Selanjutnya

KPU Kaltara ingatkan konsekuensi caleg terpilih yang tidak buat LHKPN