pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

PSI optimalkan masa kampanye terbuka untuk sosialisasikan program

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep (tengah) menghadiri kopi darat wilayah PSI di Padang, Sumatera Barat, Jumat (19/1/2024). (ANTARA/Indra Arief Pribadi)
Padang (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengatakan partainya akan memanfaatkan masa kampanye terbuka selama 21 hari untuk memperkenalkan program partai tersebut di seluruh Tanah Air.

Kaesang berharap dengan mengoptimalkan masa kampanye terbuka pada 21 Januari hingga 10 Februari 2024, PSI dapat mendulang banyak suara sehingga lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold sebesar 4 persen sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu).

"Kami memperbanyak sosialisasi, kayak nanti di 21 hari kampanye terbuka, kami akan menggunakan itu semaksimal mungkin untuk memperkenalkan PSI di Indonesia," kata Kaesang usia memimpin kopi darat wilayah (kopdarwil) PSI yang digelar tertutup di Padang, Sumatera Barat, Jumat.

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 15 Tahun 2023 tentang Kampanye Pemilihan Umum, jadwal kampanye terbuka dimulai pada Minggu (21/1) sampai Sabtu (10/2).

Baca juga: Kaesang diskusikan infrastruktur dengan Gubernur Lampung

Dalam rentang waktu tersebut, peserta Pemilu 2024 juga boleh beriklan di media massa cetak, elektronik, maupun daring. Kaesang yakin partainya dapat lolos parlemen dan tidak mengulang kegagalan pada Pemilu 2019.

"Insyaallah pemilu kali ini SKSD (satu kursi satu dapil) bisa pecah telur," katanya.

Kota Padang, Sumatera Barat, menjadi kota kedua safari politik Kaesang di Pulau Sumatera, Jumat, sebelum dia bertolak ke Tarakan, Kalimantan Utara, pada Sabtu (20/1). Kaesang menilai elektabilitas PSI di Sumbar sudah jauh meningkat.

Dia juga berharap ​​​​​​PSI mendapat ceruk suara massa di Sumbar, daerah yang menjadi basis suara Partai Gerindra pimpinan capres Prabowo Subianto.

Baca juga: Kaesang: Saya jauh lebih "happy" di politik 

PSI merupakan salah satu partai pendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kami kan juga kemarin ada beberapa ceruk suaranya Pak Prabowo, ya. Kami coba ambil kalau bisa, kalau bisa kan; tetapi kan selama ini Gerindra semua," ujar putra bungsu Presiden Joko Widodo itu.
​​​​​​​
Setelah kopdarwil tersebut, Kaesang akan menghadiri "Ngopi Santuy dengan Remaja Kreatif Sumbar" pada Jumat malam.

Baca juga: Raja Juli: Dana kampanye PSI telah dilaporkan ke KPU

Sebelum bertolak ke Padang, Kaesang juga telah bertemu dengan Tim Kampanye Daerah Prabowo-Gibran di Lampung, Jumat.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Kaesang titip agar Prabowo-Gibran menang 75 persen suara di Lampung
Pewarta:
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024
Maruarar Sirait nyatakan dukung Prabowo-Gibran Sebelumnya

Maruarar Sirait nyatakan dukung Prabowo-Gibran

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih Selanjutnya

KPU Kulon Progo tunggu putusan MK untuk tetapkan caleg terpilih