pemilu.antaranews.com
HITUNG CEPAT
PEMILU PRESIDEN 2024
25.55%
57.81%
16.62%
25.34%
58.08%
16.58%
25.06%
59.08%
15.86%
24.77%
59.19%
16.04%

DPRD sarankan stiker imbauan pemilu diganti gambar yang lebih netral

Rutan Salemba sudah terima logistik Pemilu 2024
Stiker Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang terpasang di sejumlah halte TransJakarta. ANTARA/Handout/aa.
Jakarta (ANTARA) - DPRD Provinsi DKI Jakarta menyarankan stiker imbauan Pemilu 2024 aman dan damai bergambar Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono diganti dengan gambar yang lebih netral.
 
"Ya saran saya mungkin sebaiknya imbauan tersebut lebih arif dan bijaksana lagi dalam 'packaging' (pengemasan) penyampaiannya," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani kepada pers di Jakarta, Sabtu.

Karena itu dia menyarankan penggantian gambar dengan gambar yang lebih netral.
"Bila mau diganti dengan gambar media yang lebih netral tapi tersisip nama Pj di dalam kata-katanya juga bisa sampai kan pesannya," kata dia.
 
Rani mengatakan, di masa kampanye ini, segalanya perlu dilakukan dengan cermat dan bijaksana.

 Baca juga: TransJakarta: Stiker Heru di halte berisi imbauan pemilu aman - damai
 
Halte TransJakarta Gatot Subroto LIPI mulai beroperasi, Jumat (14/7/2023). (ANTARA/HO-PT TransJakarta)
Hal itu mengingat stiker bertuliskan "Pilihan cerdas, Pemilu aman, Indonesia Kuat!" disertai foto Heru memakai seragam putih sambil mengepalkan tangan yang terpampang di pintu Halte TransJakarta kini menjadi sorotan.
 
"Memang serba sulit ya di masa kampanye saat ini semua jadi serba sensitif, belum lagi tingkat 'kepo' (knowing every particular object/serba ingin tahu) dan 'baper' (bawa perasaan) sangat tinggi," ujar Rani.
 
Menurut Rani, masyarakat seharusnya melihat isi pesan dari stiker imbauan Heru tersebut, yakni mengajak masyarakat Jakarta agar menggunakan hak pilihnya dengan baik dan menyukseskan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang lancar, aman dan damai.
 
Dia mengatakan, Heru sebagai pimpinan wilayah Jakarta memang sudah sewajarnya memberikan imbauan yang menyangkut keamanan, ketertiban dan kedamaian Jakarta. Hal yang perlu diingat, kata Rani, saat ini Heru bukanlah peserta Pemilu 2024 seperti caleg ataupun calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Baca juga: Dishub DKI: Stiker Heru di halte ajakan untuk menciptakan pemilu damai
 
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Rani Mauliani di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2023). (ANTARA/Siti Nurhaliza)
Rani menilai Heru merupakan sosok pekerja yang fokus pada persoalan yang dialami warganya. Sebagai contoh penataan transportasi di Jakarta dengan memperluas kehadiran angkutan umum.
 
"Sejauh ini 'concern' beliau memang salah satunya pada transportasi umum. Hal tersebut berkaitan dengan sudah dilaksanakannya 'groundbreaking' (peletakan batu pertama) LRT Jakarta beberapa waktu lalu," ujar Rani.
 
Sebelumnya, Manajemen PT TransJakarta menjelaskan pemasangan stiker Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di sejumlah halte TransJakarta berisikan imbauan agar masyarakat ikut berperan menjaga Pemilu 2024 berlangsung aman dan damai.
 
"Stiker sudah kami pasang sejak 10 November 2023 lalu. Ini dalam rangka menyambut pelaksanaan Pemilu 2024, ajakan untuk menjaga agar pemilu berjalan aman," kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT TransJakarta Wibowo di Jakarta, Kamis (11/1).
 
Wibowo menyebutkan penempatan stiker tersebut menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing halte.
Baca juga: Legislator duga ada kampanye dini terkait stiker Heru di halte
Baca juga: Sekda DKI tegaskan stiker Heru di halte merupakan imbauan pemilu damai
Pewarta:
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024
Mahfud MD respon ancaman penembakan Anies di media sosial Sebelumnya

Mahfud MD respon ancaman penembakan Anies di media sosial

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran Selanjutnya

Anies hormati langkah PKB dan NasDem gabung koalisi Prabowo-Gibran